Pandangan Netral IMF Tentang Aset Crypto

 

kata IMF tentang crypto

Artikel ini disadur dari blog IMF yang ditulis langsung oleh Christine Lagarde, Managing Director IMF.

Saat ini sudah ada lebih dari 2000 aset crypto yang beredar di berbagai jaringan blockchain di seluruh dunia dan ditradingkan (menurut www.coinmarketcap.com). Namun dari sekian banyaknya aset crypto yang beredar saat ini, nampaknya naif untuk tetap positif bahwa semua aset crypto tersebut akan mampu bertahan hingga 10 tahun ke depan.

IMF (International Monetary Fund) telah mengkaji janji yang aset crypto tawarkan kepada dunia. IMF menyimpulkan bahwa crypto bisa mengarahkan keuangan dunia ke sebuah kutukan yang dapat membuat krisis ataupun menjadi sebuah berkat yang dapat menjadi solusi untuk menggantikan uang yang sekarang.

Baca juga : Apa Itu Bitcoin

Dalam praktiknya crypto sudah banyak disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu seperti menjadi sarana penipuan, transaksi ilegal dan lain sebagainya. IMF  mencoba melihat aset crypto dari sisi yang lebih positif, tentang bagaimana aset crypto bisa menjadi sebuah teknologi yang revolusioner jika dimanfaatkan dengan benar.

Berikut adalah manfaat-manfaat yang dimiliki oleh aset crypto:

1. Cepat dan Murah

Aset crypto memungkinkan transaksi keuangan yang cepat dan murah. Beberapa layanan pembayaran sekarang melakukan transfer ke luar negeri dalam hitungan hari, namun dengan crypto hanya membutuhkan sekitar beberapa jam atau bahkan menit.

2. Tidak Membutuhkan Middlemen

Teknologi dasar dari crypto-assets yaitu distributed ledger technology, atau DLT dapat membantu pasar keuangan berfungsi lebih efisien. “Kontrak pintar” self-executing dan self-enforcing dapat menghilangkan kebutuhan untuk beberapa perantara.

3. Data Permanen yang Tidak Bisa Dimanipulasi

Penyimpanan aman dari catatan penting adalah penggunaan lain yang menjanjikan untuk DLT. Perusahaan-perusahaan perawatan kesehatan sedang mempelajari bagaimana menggunakan teknologi ini untuk menjaga data medis rahasia sambil memberikan akses ke perusahaan asuransi dan pengguna resmi lainnya.

Kesimpulan

Sebelum aset crypto dapat mengubah aktivitas keuangan dengan cara yang berarti dan untuk waktu yang lama, mereka harus mendapatkan kepercayaan dan dukungan dari konsumen dan otoritas. Langkah awal yang penting adalah mencapai konsensus dalam komunitas pengaturan global tentang peran aset-aset crypto. Karena aset crypto tidak mengenal batasan, kerjasama internasional akan sangat penting.

Agar ini terjadi, kita harus mengikuti perkembangan pesat di pasar dan teknologi. Kita harus bertindak cepat untuk menutup kesenjangan pengetahuan yang menghambat pemantauan efektif aset-aset kripto. Harus ada penilaian risiko sistemik dan respons kebijakan tepat waktu, serta langkah-langkah untuk melindungi konsumen, investor, dan integritas pasar.

Memahami risiko bahwa aset crypto dapat menimbulkan stabilitas keuangan sangat penting jika kita membedakan antara ancaman nyata dan ketakutan yang tidak perlu. Itulah mengapa kita memerlukan agenda pengaturan yang adil, yang melindungi terhadap risiko tanpa mengecilkan inovasi.

Pendekatan yang jernih dapat membantu kita memanfaatkan keuntungan dan menghindari perangkap  aset crypto yang baru.

Sumber: https://blogs.imf.org/2018/04/16/an-even-handed-approach-to-crypto-assets/

 

Baca Juga Artikel Lainnya Tentang Blockchain dan Cryptocurrency :

6 Kalender Cryptocurrency Terbaik Untuk Trader

 

Related articles

berita blockchain minggu ini

Highlight Berita Blockchain dan Kripto (18 Februari – 25 Februari 2019)

Hai Digitalis! Berikut adalah highlight berita blockchain dan kripto dari 18 hingga 25 Februari 2019! 1. Hadiah BTT untuk Seeding di BitTorrent Bisa Dijalankan pada Q2 2019 Tim BitTorrent baru-baru ini mengumumkan peluncuran BitTorrent Speed, sebuah aplikasi terdesentralisasi (dapp) yang akan diluncurkan pada paruh kedua tahun ini (Q2 2019). DApp baru ini akan digunakan untuk memberi […]

YouTuber dengan Subscribers Terbanyak, PewDiePie Bergabung dengan Platform Live Streaming Blockchain

PewDiePie, YouTuber terpopuler di dunia dengan subscribers terbanyak, telah bergabung dengan platform live streaming berbasis blockchain, DLive. DLive, aplikasi penyiaran bertenaga blockchain yang mencakup sistem reward untuk content creator, mengumumkan pada hari Selasa bahwa content creator Swedia berusia 29 tahun dengan nama asli Felix Kjellberg ini telah menandatangani kesepakatan live streaming “eksklusif” dengan platform tersebut. […]

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *