Blockchain dan Crypto Indonesia

Deloitte Merilis Panduan Bitcoinnya Sendiri, Menyusul “Playbook” MicroStrategy

Deloitte, perusahaan akuntan yang masuk ke dalam reputasi “big four” merilis panduan bitcoinnya di awal minggu ini yang menyusul “playbook” MicroStrategy yang merupakan perusahaan analitik bisnis perusahaan, dimana “playbook” ini ditujukan untuk perusahaan yang mempertimbangkan menginvestasikan sebagian dari dana treasury mereka ke dalam aset.

Baca juga : Mau beli Bitcoin? Perhatikan hal berikut di 2021

Panduan ini dimulai dengan menyebutkan resiko yang ada pada sektor crypto yang sangat mudah berubah dan beresiko. “Toleransi terhadap resiko tergantung pada saham dan jenis aset digital dimana perlu dimodifikasi dan disesuaikan secara berkala.” Deloitte juga menunjukkan bahwa ada sejumlah uang tunai yang tersedia setelah perusahaan membeli Bitcoin dan resiko yang ada juga merupakan resiko yang masih masuk dalam kategori aman. Di sisi lain, beberapa pertimbangan pagi perusahaan adalah penggunaan aset digital di kegiatan operasional sehari-hari seperti pembayaran gaji, pembayaran vendor, bahkan transaksi lintas batas.

Pada panduan tersebut, Deloitte juga menjelaskan mengenai topik penyimpanan Bitcoin. Deloitte memperingatkan bahwa saat ni tidak ada kemampuan hukum bagi perusahaan untuk secara akurat melakukan mark up nilai crypto dari perusahaan. Namun, Ia menambahkan bahwa jika perusahaan percaya fair value yang ada lebih mencerminkan keadaan ekonomik dari investasinya, maka perusahaan memiliki fleksibilitas untuk memberikan penjelasan yang diyakini lebih berarti bagi investornya.

Ini berarti ketika datang waktunya untuk memberikan informasi kepada investor tentang nilai dari cryptocurrency (pada kasus ini adalah Bitcoin), sebuah perusahaan dapat “menandai” harga Bitcoin pada waktu tertentu dan di exchange tertentu karena aset tersebut diperdagangkan di crypto exchange dan semua harga hanyalah kisaran kasar.

“Namun dengan mengetahui jumlah koin atau aset digital lain yang dimilikinya, investor dapat menyampaikan perkiraan penentuan valuasi kepemilikan aset digital perusahaan.” kata Deloitte. Deloitte juga menyebutkan beberapa klausul hukum, regulasi dan keuangan sebelum perusahaan dapat mempertimbangkan untuk berinvestasi di Bitcoin atau aset crypto lainnya.

Bagaimana MicroStrategy Dapat Memulai Suatu Era

Perusahaan di seluruh dunia saat ini dapat dikatakan sedang mempertimbangkan pembelian Bitcoin untuk perbendaharaan mereka guna melawan prospek ekonomi yang suram dan untuk melawan yields yang rendah di seluruh ekuitas tradisional. MicroStrategy menjadi berita tahun lalu setelah membeli lebih dari $ 1,14 miliar Bitcoin di 3 pembelian yang terpisah. Perusahaan ini awalnya membeli 250 juta dolar Bitcoin di bulan Agustus diikuti dengan 175 juta dolar di September, sebelum mengumpulkan 650 juta dolar dalam bentuk uang kertas di bulan Desember untuk membeli aset lebih banyak.

Minggu ini, MicroStrategy bahkan mengadakan konferensi “playbook” yang dihadiri oleh lebih dari 400 peserta bisnis – membahas kekhawatiran umum tentang investasi Bitcoin, struktur hukum dan pajak serta manfaat dari mempertimbangkan emas digital untuk portofolio mereka.

 

Informasi lain tentang Bitcoin :

Kaitan Bitcoin dan Inflasi

 

Cara Main Bitcoin

Exit mobile version