Pengawas Keuangan USA Mengungkapkan Jalan Bagi Perusaaan Crypto Untuk Menjadi Bank

Brian Brooks, Pejabat Pengawas Mata Uang telah mengungkapkan cara lain bagi penyedia kustodi crypto AS untuk menerima ijin guna beroperasi sebagai bank yang disetujui oleh pemerintah federal.

Pada 17 november di interview oleh Forbes, Brooks menyatakan bahwa saat ini terdapat 3 metode bagi perusahaan pembayaran untuk menjadi federal charter bank. Opsi pertama adalah untuk mengajukan charter bank nasional non-custodian dan 2 lainnya adalah membeli lembaga penyimpanan atau mengajukan charter untuk National Trust Bank. Namun Brooks mengatakan bahwa OCC (Office of the Comptroller of the Currency) berada di titik puncak untuk memberikan ijin bagi trust company (perusahaan perwalian) untuk menjadi bank.

Baca juga : Mengenal DeFi Indonesia VynDAO

Menurut Brooks, perusahaan seperti Anchorage, kustodian Coinbase, dan Gemini sudah beroperasi sebagai perusahaan perwalian di bawah charter perusahaan perwalian yang dikeluarkan oleh negara. Pejabat Pengawas juga mengatakan bahwa OCC memiliki beberapa jumlah aplikasi dari perusahaan crypto untuk mengubah charter ini menjadi charter National Trust Bank. Brooks mengumumkan di bulan Juli bahwa OCC akan memberikan izin kepada bank yang disewa federal untuk menyediakan layanan kustodian untuk cryptocurrency. “Di situlah kami melihat akan adanya perusahaan pembayaran dalam beberapa bulan ke depan.”, ucap Brooks.

“Charter non-depository payment merupakan suatu hal yang ajaib. Kami belum memiliki itu namun akan siap untuk mengembangkannya. Di sisi lain, tentu saja kami memberikan satu charter dan akan memberikan lebih banyak lagi nanti.”

Pernyataan tersebut datang pada hari yang sama ketika presiden Donald Trump mengumukan niatnya untuk menjadikan Brooks sebagai Penjabat Pengawas Mata Uang sepenuhnya. Dengan hanya 63 hari tersisa di kantor, Trump merilis pernyataan melalui website White House yang menyatakan bahwa ia akan mencalonkan Brooks untuk masa jabatan 5 tahun sebagai Pengawas Mata Uang. Senat AS yang dikendalikan oleh partai republik masih harus menyetujui penunjukan tersebut sebelum Brooks dapat melayani sebagai pengawas keuangan sepenuhnya. Jika berhasil, ia akan berada di posisi yang baik hingga masa jabatan kedua yang masih menjadi potensial untuk Joe Biden, atau masa jabatan pertama penggantinya.

Brooks, mantan chief legal officer di exchange crypto Coinbase sudah berada dalam posisi ini secara temporer sejak Mei. Menteri Keuangan  Steve Mnuchin menunjuk Brooks setelah pengunduran diri mantan pengawas keuangan Joseph Otting.

Sumber : Cointelegraph

 

Info lain tentang CBDC :

Bitcoin Adalah Bentuk Uang Paling Canggih Yang Pernah Dibuat, Kata Ekonom Saifedean Ammous

https://digitalis.id/blog/presiden-bank-sentral-brazil-cbdc-kurang-dari-2-tahun-lagi/