Penyimpan Nilai (Store of Value) Yang Lebih Baik: Sekitar 60% Dari BTC Belum Bergerak Dalam Setahun

harga bitcoin
Sumber : Bitinfocharts.com

Bitcoin, menjadi crypto currency yang paling berharga dan populer, selalu dapat menghasilkan banyak pembicaraan mengenai masa depannya. Tweet terbaru oleh seorang cryptoanalyst membuat semua orang memikirkan prospek jangka panjang untuk harga Bitcoin dan stabilitas pasar. Menurut ‘Rhythm’, sekitar 60% dari Bitcoin yang ditambang belum dipindahkan dari dompet mereka selama setahun penuh. Data ini kemungkinan pertama kali disampaikan oleh komunitas kripto “hodlgang”

60% of all bitcoins have not moved in one year
That’s 10.5 million bitcoin being held as a store of value for the last 12 months.

Bank accounts will become as rare as land lines are today.

— Rhythm (@Rhythmtrader) June 6, 2019

Persentase itu menyumbang sekitar 10,5 juta Bitcoin, agak membingungkan mengingat saat ini hanya ada sekitar 17,5 juta BTC yang ditambang dan total masih dibatasi pada 21 juta. Sehingga hanya 7 juta Bitcoin yang ada di sirkulasi pasar.

Di tahun 2018 kita melihat cypto winter (kejatuhan harga kripto) yang brutal, dan kini kita melihat tanda tanda musim panas. Akhir tahun lalu kita melihat Bitcoin jatuh 85% dari nilai tertingginya / all-time high (ATH) di Desember 2017 dari $20,000 ke $3,500.

Ini bisa jadi alasan kenapa mayoritas Bitcoin tidak bergerak dalam periode ini.

Baca Juga : Apa itu Bitcoin dan Kripto ? Berikut ini Quote dari Para Ahli

BTC Mulai Menyalip Emas

Pengguna Twitter kemudian berargumen bahwa rekening bank akan menjadi tidak berguna dalam waktu dekat karena lebih banyak orang beralih ke Bitcoin sebagai lawan menyimpan fiat. Jika ini terjadi, Bitcoin akhirnya bisa berubah menjadi aset yang kredibel dan berharga dan mungkin menggeser Emas dari posisi teratas sebagai store of value / penyimpan nilai yang dominan.

Investor Baru Mulai Masuk ke Bitcoin

Tren Bitcoin HODLing telah membawa investor baru yang masuk ke bisnis crypto. Investor baru ini sekarang membeli Bitcoin dan menimbunnya untuk mengantisipasi harga yang lebih tinggi dalam jangka panjang. Karena itu, Bitcoin tampaknya mendapatkan dukungan sebagai aset yang diharapkan akan menaikkan harga dan memberikan return yang baik.

Store of Value Vs Adopsi Massal

Untuk beberapa waktu sekarang, banyak yang telah dikatakan tentang kemungkinan Bitcoin menjadi aset besar untuk menantang Emas sebagai store of value. Bahkan lebih lagi, Bitcoin telah banyak diprediksi akan mecapai adopsi massal dan digunakan secara luas sebagai pengganti fiat.

Kedua pernyataan ini, tampaknya saling bertentangan karena Bitcoin tidak dapat digunakan secara luas sebagai alat pembayaran jika lebih dari 60% pasokannya ditimbun. Namun, kedua skenario masih mungkin mencapai keseimbangannya di masa depan.

 

Informasi Bitcoin Lainnya

 

Alasan Mengapa Bitcoin adalah Investasi yang Tepat Untuk Milenial – Liputan Khusus BlockJakarta 2019

 

Apa itu Double Spending dan Bagaimana Bitcoin Mengatasinya?

 

 

 

Related articles

valuasi aset crypto

Cara Melakukan Valuasi Untuk Aset Cryptocurrency

Selama setahun terakhir, beberapa investor dan ahli kripto terkemuka telah mengusulkan berbagai kerangka kerja, heuristik, dan metrik yang dapat diterapkan oleh investor ke nilai aset cryptocurrency. Artikel ini merangkum kerangka kerja penilaian aset cryptocurrency hari ini. Saya bermaksud menjelaskan secara singkat kerangka utama dan mengeksplorasi keterbatasan mereka serta mendiskusikan potensi eksplorasi lebih lanjut. Saya menyimpulkan dengan […]

Cara Menjadi Day Trader Profesional

Hai Digitalis! Apakah anda mulai berpikir untuk menjadikan day trading menjadi pekerjaan tetap anda? Sebelum kita menuju ke langkah-langkah untuk menjadi day trader, mari kita mulai dengan definisi day trading itu sendiri.  Day trading merupakan kegiatan membeli dan menjual di broker secara aktif selama 1 hari. Frekuensi trading biasa dilakukan beberapa kali dalam hari, tetapi […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *