Perbedaan Insentif di Dalam Blockchain Dan Di Internet

Blockchain memiliki perberbedaan mendasar dengan internet di dalam beberapa hal,

Pertama,  internet adalah free utility yang dibangun oleh berbagai stakeholder yang sangat diverse, sebagian besar dari mereka adalah volunteer dengan insentif finansial yang sangat kecil. Sedangkan blockchain memberikan reward yang sangat besar untuk orang yang bisa membangun teknologi yang scalable dan banyak digunakan melalui kenaikan nilai/harga/valuasi dari cryptoasset yang digunakan sebagai underlying teknologi tersebut.

Blockchain sangat berbeda karena creators, early adopter bisa berpartisipasi secara langsung dan secara finansial di pertumbuhan generasi baru dari internet. “Jika Anda men-attach hardware Anda ke jaringan blockchain dan membantu membuat jaringan lebih aman dengan komputer Anda (kemudian berkembang jadi “data center Anda”), Anda akan mendapatkan reward, di mana jumlah reward digital goods ini akan terbatas, jika Anda bergabung di awal dan network ini ke depannya semakin banyak dipakai, maka nilainya akan naik.

Bandingkan dengan centralized company seperti ojek online, 100 driver ojol pertama tidak mendapatkan token yang mana nilainya akan terus naik seiring dengan perkembangan perusahaan.

Hasilnya adalah, jumlah blockchain bukan cuma satu, tetapi terjadi ledakan dari banyak platform blockchain , ada yang saling overlapping dan juga komplementer yang di drive oleh insentif.

Yang kedua, blockchain memecahkan masalah di industri yang memiliki value tinggi,  seperti industri financial dan supply chain, jauh lebih besar daripada  media dan publishing. Jadi impactnya akan lebih besar dan memiliki value secara kesuluruhan lebih tinggi. Hal ini menyebabkan excitement di industri blockchain menjadi tinggi sampai mencapai level yang kadang tidak masuk akal .. irrational exuberance. Tentu saja, untuk membangun masa depan, kadangkala kita membutuhkan “irrational exuberance”.

Related articles

mekanisme blockchain

Berbagai Infografis Yang Menggambarkan Bagaimana Blockchain Bekerja

Berbeda dengan sistem tersentralisasi, teknologi blockchain melibatkan proses konfirmasi (verifikasi) dari para miner (penambang) untuk mengecek apakah suatu transaksi valid atau tidak, sehingga peranan middleman / perantara / center authority yang selama ini memfasilitasi trust digantikan oleh para miner. Para miner mendapatkan coin atau cryptocurrency sebagai imbalannya. Proses mining akan semakin mudah / murah apabila […]

instagram censored - blockchain tech

Teknologi Blockchain Jadi jawaban atas Dihapusnya Akun Meme di Instagram

  Instagram pada tanggal 29 Juli baru saja melakukan pembersihan besar-besaran pada platformnya yang menyebabkan akun-akun khusus meme hilang. Skandal itu menggarisbawahi mengapa kita membutuhkan alternatif dari Instagram untuk melindungi meme kita yang berharga. Instagram terlibat dalam skandal setelah menghapus sekitar 30 aku meme yang digabungkan memiliki total 33 juta pengikut. Halaman-halaman tersebut dihapus karena […]

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *