Presiden Bank Sentral Brazil: CBDC Kurang Dari 2 Tahun Lagi

bank sentral di brazil blockchain

Meskipun Brazil baru saja mulai mempelajari mata uang digital, presiden bank sentral Brazil berkata bahwa Brazil dapat meluncurkan mata uang tersebut segera pada 2022.

Berdasarkan berita yang dilansir dari media lokal Correio Braziliense, presiden Roberto Campos Neto telah mengindikasikan bahwa mata uang digital akan menjadi “masa depan sistem keuangan”. Di dalam interview dengan Bloomberg Market dan Finance pada 2 September, Campos Neto mengatakan bahwa kondisi yang diperlukan untuk penerbitan mata uang digital bank sentral (CBDC) sedang berkembang di Brazil. Neto melanjutkan bahwa bank sentral negara tersebut telah mengambil langkah-langkah untuk memodernisasi sistem keuangan Brazil dimana ini menjadikan CBDC asli sebagai ‘hasil yang wajar’. Pernyataannya juga menyinggung jadwal potensial untuk peluncuran CBDC, “Kami pikir kami akan melakukannya pada tahun 2022.”.

Baca juga : Kenapa Indonesia Membutuhkan Rupiah Digital

Kondisi yang dimaksudkan oleh Campo adalah kehadiran dari infrastruktur pembayaran yang lebih instan dan efisien, sistem yang terbuka dan mata uang internasional yang dapat dikonversi dan dipercaya orang. Banco Central tampaknya berniat untuk bergabung dengan Uruguay dan telah mulai membangun fondasi untuk CBDC.

Pada bulan Agustus, bank mengumumkan pembentukan grup khusus untuk memeriksa bagaimana CBDC dapat menyesuaikan dengan ekosistem pembayaran yang ada dan bagaimana dampak yang akan dihasilkan pada ekonomi Brazil. Grup khusus ini akan mempublikasikan hasil pemeriksaannya pada 6 hingga 12 bulan kedepan. Pada bulan November, bank sentral akan mengambil langkah lebih dahulu untuk dengan peluncuran sistem pambayaran instan yang bernama PIX. Open Banking juga berada dalam proses implementasi di Brazil untuk meningkatkan kompetisi di sistem keuangan nasional.

Dengan cara ini, komentar Campos Neto menitiberatkan bahwa CBDC Brazil bukan penyebab melainkan konsekuensi dari proses digitalisasi dan modernisasi.

 

Informasi lain tentang teknologi blockchain

 

Memahami Pinjaman Kredit Dengan Jaminan Crypto

 

 

Alasan Decentralized Finance Diperlukan Indonesia

Related articles

dollar

Sidang Senat Melihat Dolar Digital sebagai Alat Supremasi Ekonomi

Gagasan dolar digital AS tidak lagi menjadi hal baru. Sekarang, ini bisa menjadi sarana untuk mencapai tujuan. Subkomite Perbankan Senat, Perumahan, dan Urusan Urban AS tentang Kebijakan Ekonomi mengadakan audiensi tentang “Memenangkan Persaingan Ekonomi” antara China dan AS pada hari Rabu. Sekali lagi, gagasan mata uang digital bank sentral yang dikelola Federal Reserve menjadi isu […]

AToken x Vexanium Webinar: Blockchain Technology For ‘New Normal’ Financial Industry

Seperti yang kita ketahui, pandemi Covid-19 telah merubah tatanan masyarakat tak hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia. Pembatasan kegiatan di publik dan sosialisasi secara fisik antar satu individu dengan yang lain pun diberlakukan selama pandemi ini berlangsung. Banyak kerugian pun dirasakan di beberapa sektor industri di dunia dikarenakan oleh situasi yang semakin tak menentu […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *