Saat Krisis, Bunga DeFi (Decentralized Finance) Lebih Tinggi dari Bank Yang 0 Persen

bunga decentralized finance

Baru-baru ini Federal Reserve memangkas suku bunga Fed menjadi 0,00-0,25%, akhirnya mendorong tingkat tabungan untuk nasabah bank bahkan lebih rendah. Sebagian besar bank sekarang membayar 1% atau kurang untuk rekening tabungan, yang kurang dari tingkat inflasi tahunan 2-3%. Namun, secara simultan tingkat simpanan crypto di decentralized finance (DeFi) telah melonjak. Artikel ini menjelaskan mengapa crypto lending dan tabungan bank bergerak berlawanan arah dan bagaimana itu membuktikan bahwa Bank Sentral telah merusak definisi tabungan.

Baca juga : Apa itu Decentralized Finance (DeFi)

Pertama, salah satu contoh bagaimana kenaikan suku bunga crypto adalah BlockFi. Pemberi pinjaman Bitcoin (BTC) telah melihat bunga tahunan yang mereka bayar meningkat dari 3,6% menjadi 6%. Secara bersamaan, suku bunga Ethereum (ETH) telah naik dari 2-3,6% menjadi 4,5%, sementara suku bunga stablecoin tetap pada 8,6% yang tinggi.

bunga decentralized finance

Zac Prince, CEO BlockFi, menjelaskan mengapa mereka dapat menaikkan suku bunga crypto pada saat suku bunga tradisional mendekati nol. Dia mengatakan “kendala pasokan karena pelaku pasar lain telah menarik kembali kegiatan pinjaman mereka, dan banyak peluang untuk membuat pasar dan arbitrase keluar dari volatilitas ekstrim yang kami alami minggu lalu.”

Dengan kata lain, likuiditas telah menurun di ruang crypto. Sekarang peminjam (borrower) crypto bersedia membayar lebih banyak bunga kepada pemberi pinjaman (lender) crypto untuk mendapatkan likuiditas.

Bukti lain untuk kenaikan suku bunga di ruang crypto berasal dari situs web DeFi Prime yang menunjukkan bahwa suku bunga crypto terus meningkat selama tahun 2020 karena likuiditas terus menurun.

Sekarang bandingkan dengan tingkat tabungan bank tradisional, yang umumnya di bawah 1%. Bahkan sertifikat deposito (CD), yang seharusnya membayar tingkat bunga tertinggi, hanya membayar tingkat 1-1,5% yang lebih rendah dari tingkat inflasi 2-3%. Pada dasarnya, bahkan dengan bunga, orang yang menabung dengan bank kehilangan daya beli dari tahun ke tahun karena tingkat inflasi melebihi tingkat bunga.

Market pinjaman crypto atau crypto lending market berperilaku sebagaimana mestinya di pasar bebas. Ketika likuiditas menurun, suku bunga naik karena peminjam bersedia membayar lebih banyak uang untuk mendapatkan likuiditas yang mereka butuhkan.

Namun, di bank tradisional, lending market turun karena Federal Reserve mencetak uang untuk menyediakan likuiditas. Pada dasarnya, alih-alih lembaga keuangan membayar penabung, untuk memberi insentif kepada orang-orang agar lebih banyak menyimpan uang di bank untuk meningkatkan likuiditas, Federal Reserve memompa likuiditas buatan untuk menjaga suku bunga mendekati nol.

Pada akhirnya, Bank Sentral memompa dalam likuiditas buatan telah merusak paradigma tabungan. Pada saat-saat seperti ini ketika likuiditas mengering, orang-orang yang menabung uang di bank harus mendapatkan tingkat bunga yang jauh lebih tinggi, tetapi pada dasarnya tidak mendapat bunga.

Ini tidak hanya merusak peluang bagi orang untuk menghasilkan sejumlah besar uang dengan menabung uang di bank, tetapi juga menghilangkan insentif untuk menabung di bank, mengurangi likuiditas lebih lanjut, dan memaksa Bank Sentral untuk memompa lebih banyak lagi likuiditas buatan.

Satu-satunya penyelamat yang dapat menyelamatkan adalah bahwa pasar pinjaman crypto masih berfungsi sebagaimana seharusnya pasar bebas, karena tidak ada intervensi Bank Sentral, dan oleh karena itu rekening tabungan crypto adalah tempat yang sangat baik bagi orang-orang untuk mendapatkan sejumlah besar uang melalui tabungan.

 

Informasi lain tentang Defi :

Bagaimana Suku Bunga Negatif Dan Cashless Economy Meningkatkan Adopsi Bitcoin

 

Related articles

decentralized-finance

Memahami Disrupsi Dari Decentralized Finance (DeFi)

  Decentralized Finance atau DeFi adalah layanan finansial yang dilakukan di atas blockchain, antara lain borrow & lending, insurance, money market, decentralized exchange dan lain sebagainya. Di bulan Juli 2020, DeFi (Decentralize Finance) banyak menjadi pembicaraan karena beberapa sebab. Di akhir Juli 2020, Total Value Lock in DeFi mencapai 3,6 Billion USD atau lebih dari […]

DeFi Platform Compound Mempersiapkan Distribusi Token Governance

Salah satu platform keuangan otomatis paling populer di dunia, Compound, sedang bersiap untuk mendistribusikan token sebagai bagian dari proposal governance yang sedang berlangsung. Distribusi token Compound akan dimulai pada 15 Juni setelah uji coba testnet berhasil. Compound mentweet hasil percobaan yang berhasil mengaktifkan pengiriman token COMP ke semua pengguna protokol: “Kami telah menyelesaikan uji coba […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *