Sebuah Organisasi R&D Medis akan Manfaatkan Data Sharing dalam Pengembangan Proyek Blockchain

Berdasarkan press release yang dipublikasi pada 8 Februari 2019, saat ini Pistoia Alliance sedang menangani sebuah proyek blockchain yang akan memanfaatkan teknologi blockchain untuk fitur berbagi data, identitas dan integritas data.

Pistoia Alliance sendiri merupakan sebuah organisasi yang tidak berfokus pada mencari keuntungan (not for profit organization). Organisasi yang sudah berdiri sejak tahun 2017 ini secara kolektif memegang perwakilan dari banyak perusahaan farmasi yang sudah ada sekarang ini, seperti Novaritz, Pfizer, and GSK.

Tujuan utama berdirinya organisasi ini adalah untuk membantuk proyek-proyek blockchain dalam bidang medis untuk mengembangkan teknologi yang dimiliki oleh proyek-proyek tersebut. Organisasi ini akan fokus pada pengembangan penelitian ilmu kehidupan praktis dan mengembangkan kasus penggunaan (use case) yang memberikan pengembalian investasi yang jelas (ROI), serta mengidentifikasi aplikasi blockchain yang akan menawarkan nilai tambahan bagi industri.

Proyek blockchain yang saat ini sedang dikerjakan oleh Pistoia Alliance ini bertujuan untuk memasukkan teknologi blockchain sebagai cara untuk memverifikasi sumber yang digunakan selama penelitian, sambil juga menjaga integritas informasi dan untuk berbagi informasi yang ditemukan dengan perwakilan lain. Sebelum proyek ini, fokus yang dikerjakan adalah untuk menunjukkan pada industri blockchain semua informasi yang dapat mereka pelajari tentang teknologi blockchain, mengingat kurangnya pengetahuan terutama di belakang kurangnya adopsi massal.

Dalam survei terbaru yang dikutip Pistoia, seperlima dari responden survei merasa bahwa blockchain tidak memiliki nilai yang dapat diberikannya kepada perusahaan, dengan mengatakan bahwa database standar dapat melakukan hal yang sama.

“Masih ada banyak kesalahpahaman tentang blockchain di industri sains kehidupan yang kita perlu bekerja keras untuk atasi,” kata Jake Dreier, Manajer Proyek Blockchain dan Konsultan untuk Pistoia Alliance.

“Sayangnya, persepsi orang telah menyebabkan beberapa organisasi sepenuhnya menghindari teknologi blockchain, dan banyak yang lain tidak yakin bagaimana hal itu dapat menguntungkan mereka. Inilah sebabnya mengapa Pistoia Alliance mendukung upaya kolaboratif untuk membantu industri memanfaatkan teknologi secara maksimal.”

Pemerintah Austria baru-baru ini juga tertarik, dengan secara finansial mendukung Lancor Scientific dalam penelitian kanker mereka, menerapkan teknologi blockchain dalam pendeteksian kanker. Sebagai hasil dari dukungan, perusahaan telah berhasil membuat perangkat yang dapat merasakan berbagai jenis kanker, yang kemudian dicatat pada blockchain sebagai hasil skrining.

Related articles

Lanjutan Pengujian Sistem Blockchain Antar Bank oleh Asosiasi Pebankan Italia

Asosiasi Perbankan Italia (ABI) saat ini sedang menguji solusi antar bank blockchain berdasarkan platform ledger open-source R3 Corda, FinExtra melaporkan pada hari Rabu, 13 Februari. ABI menyatakan bahwa platform tersebut telah dikembangkan bersama dengan mitra teknisnya – R3, perusahaan IT Jepang NTT Data dan perusahaan ICT Italia Sia. Proyek, dijuluki “Spunta,” dilaporkan sekarang sedang diuji […]

JPMorgan Luncurkan Koin Sendiri untuk Tingkatkan Kecepatan Transaksi

JPMorgan, bank terbesar ke-6 di dunia (dengan total aset sebesar $2,533.60 B) akan meluncurkan koin kriptonya sendiri yang bernama JPM Coin. Koin ini akan dipergunakan sebagai sarana untuk mempercepat dan meingkatkan efisiensi bertransaksi antara klien JPMorgan (B2B). Salah satu hal yang cukup menarik dari peluncuran ini adalah pada tahun 2017 Jamie Dimon (CEO JPMorgan) mengeluarkan sebuah […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *