Sekarang Waktu Terbaik Untuk Beli Bitcoin ? Kenapa Ya dan Kenapa Tidak ?

data dominasi bitcoin

Di bulan Agustus 2019 pasar telah terbalik dengan Bitcoin sebagai pemegang mayoritas dari seluruh kapitalisasi pasar crypto sekali lagi. Sejak akhir 2017, Bitcoin telah meningkat dari porsi terendah (bitcoin dominance) 20% dari seluruh kapitalisasi pasar, kembali ke 70% yang merupakan suatu pencapaian besar. Untuk alasan ini, kita akan membahas apakah Bitcoin harus menjadi koin hodl utama yang perlu Anda pertahankan.

Baca juga : Apa itu Bitcoin ?

 

data dominasi bitcoin

btc

Bitcoin Adalah Raja

Koin apakah yang ada di pasaran dan hampir selalu naik terus dan tampaknya mengalahkan keuntungan yang didapat jika dibandingkan dengan pasar tradisional? tentu saja Bitcoin.  Tampaknya kakek dari semua cryptocurrency mengalahkan pasar lain dan mendominasi bull run, dan para pun investor kembali menjadi Bitcoin maximalists.

Sekarang, pasti ada alasan mengapa Bitcoin memiliki nilai. Kami pikir kita semua bisa sepakat tentang hal itu, dan tidak ada perdebatan tentang permintaan untuk aset digital di seluruh dunia. Tapi, apa yang membuat Bitcoin berada di puncak dari begitu banyak proyek yang elegan dan beragam? Sungguh, itu adalah kesederhanaan dari kode.

Kesederhanaan dari metode konsensus proof of work, banyaknya permintaan untuk memiliki Bitcoin, jumlah Bitcoin yang terbatas, keuntungan yang dimiliki Bitcoin sebagai first mover advantage dari crypto yang di launch membuat Bitcoin sulit ditandingi.

Sebagai tambahan, kesederhanaan bahasa pemrograman Bitcoin, yang bukan merupakan bahasa “turing complete”, berarti hanya sedikit kemungkinan untuk error, terkena hack, atau masalah lainnya yang dapat menyebabkan jaringan menjadi tidak stabil. Pada dasarnya, ini adalah Nintendo super dari konsol game.

Untuk menjelaskan analogi itu, super Nintendo (dianalogikan bitcoin) dapat dilemparkan ke bawah tangga, ditembak, mungkin terbakar, dan masih bisa berfungsi untuk memainkan permainan Anda. Sedangkan, koin / token dan proyek baru di pasar lebih dikenal sebagai gaming console yang lebih baru yang akan “pecah” jika Anda terlalu bersemangat. Selain itu, consoles baru pada umumnya membutuhkan biaya hanya untuk memainkan game yang telah Anda bayar $ 60 untuk dimiliki seperti kebutuhan gas Ethereum. Ini sangat sulit, tetapi jika Anda bisa mengaitkannya dengan analogi itu, Anda memahami perbedaan antara proyek baru dan Bitcoin. Selain itu, sebagian besar proyek baru bahkan tidak memiliki consoles atau game yang berfungsi dalam hal ini.

 

Apakah Bitcoin Ketinggalan Jaman ?

Kesalahpahaman umum tentang Bitcoin, adalah bahwa Bitcoin akan digantikan oleh blockchain yang lebih baru dan lebih cepat yang dapat digunakan untuk transaksi mikro, smart contract, dan interoperabilitas (komunikasi antar blockchain). Faktanya adalah apa pun yang sebagian besar blockchain lain bisa lakukan, Bitcoin pada akhirnya juga bisa melakukannya melalui solusi Layer 2 (L2). Masalah utamanya adalah bahwa L2 sangat kompleks dan sulit untuk dibangun dengan benar. Ambil contoh Lightning Node misalnya, masih memiliki sejumlah masalah dan belum terbukti bekerja dalam skala besar. Butuh bertahun-tahun bahkan untuk mencapai titik itu dengan Bitcoin, jadi sayangnya, L2 mungkin bukan jawaban yang sempurna.

Secara keseluruhan, Bitcoin saat ini paling baik digunakan sebagai sarana untuk pertukaran value di pasar global seperti exchange, dan sebagai store of value.

Apakah Anda Harus Berinvestasi dalam Bitcoin?

Ada beberapa pendapat untuk menjawabnya :

Ya, Bitcoin sejauh ini merupakan investasi teraman yang dapat Anda lakukan di pasar dan hampir menjamin diri Anda ROI positif jangka panjang hanya karena pertumbuhan dan solusi scaling yang akan terjadi seiring waktu. Meskipun, mungkin bisa saja ada investasi yang lebih baik di pasar. Ini karena, proyek yang lebih baru biasanya akan dimulai dengan kapitalisasi pasar yang jauh lebih rendah daripada Bitcoin dan dapat dengan mudah naik valuenya dari 2 hingga 20 kali kapitalisasi pasar mereka bahkan sebelum mencapai harga yang stabil jika Anda berinvestasi dalam proyek yang tepat pada waktu yang tepat.

investasi di bitcoin

Unicorns di Dunia Cryptocurrency

Akhir-akhir ini ekspektasi investor / trader crypto untuk membeli unicorn menjadi lebih kentara ketimbang ekspektasi yang lebih realistis. Belakangan ini hanya sedikit token / coin yang bisa memiliki pertumbuhan harga x2. Salah satunya adalah Binance Coin atau BNB yang dimiliki oleh exchange crypto terbesar di dunia, Binance dan memiliki banyak user yang memiliki likuiditas tinggi, juga banyak project blockchain yang bermigrasi dari Ethereum, juga fitur Initial Exchange Offering (IEO) yang membutuhkan token BNB untuk berpartisipasi. Faktor ini berkontribusi pada kenaikan harga BNB beberapa kali lipat di 2019. Selain BNB dan Bitcoin tidak banyak project yang bernasib sama dan terus bertahan memiliki performa bagus selama beberapa waktu.

Oleh karena itu, kami tidak akan mengatakan Bitcoin adalah satu-satunya investasi di pasar, tetapi investasi di Bitcoin adalah yang paling aman. Memiliki sejumlah besar portofolio Anda dalam Bitcoin, akan membuat pengecekan harga koin harian Anda menjadi lebih mudah, dan tidak terlalu menegangkan, serta memberi Anda strategi masuk dan keluar yang lebih mudah.

Dengan Binance memotong sebagian besar investor AS dari perdagangan di platform mereka pada bulan September, akan menjadi lebih sulit untuk masuk dan keluar pasar pada platform dengan likuiditas yang layak. Ini adalah hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda berinvestasi. Selalu pastikan Anda memiliki strategi keluar untuk melindungi investasi Anda, yang mana banyak karakter tersebut dimiliki oleh Bitcoin.

 

sumber : sanfranciscotribe.com

 

Baca juga info lainnya tentang Bitcoin

Apa Itu Bitcoin dan Apa Bedanya Dengan Vexanium

 

Trading Bitcoin : Hati-Hati Dengan 50 Jenis Kesalahan Trading ini

 

Related articles

apa itu bitcoin halving

“Waktu Terbaik untuk Beli Bitcoin adalah Sebelum Halving Events”, Yang Berarti Sekitar Sekarang

Looposhi, seorang komentator Twitter terkenal dengan hampir 54.000 followers, telah mengamati tren bitcoin yang historis bahwa periode sebelum halving events Bitcoin telah menandai siklus market yang paling bawah dan mengklaim bahwa sekarang adalah waktu untuk memperoleh bitcoin dengan harga murah. Baca Juga : Penjelasan Tentang Apa Itu Halving Event Bitcoin dan Kapan Selanjutnya   Historically, […]

Apa itu ICO (Initial Coin Offering)?

Jika anda sudah biasa berurusan dengan investasi, saham, IPO dan sejenisnya, tentu pasti anda pernah mendengar istilah yang dinamakan ICO atau Initial Coin Offering. Singkatan ini awalnya diperkenalkan setelah munculnya sebuah teknologi revolusioner abad ini, yaitu teknologi blockchain. Untuk mengetahui apa itu ICO, maka kita harus mengetahui dulu dasar-dasar teknologi yang berada dibalik ICO, yaitu teknologi blockchain, […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *