Siapakah Satoshi Nakamoto, Pencipta Bitcoin, Dia Kandidat utamanya!

Misteri terbesar di dunia teknologi saat ini bukanlah bagaimana Bitcoin bekerja, tetapi siapa pencipta Bitcoin. Pada tanggal 31 Oktober 2008, seseorang dengan nama Satoshi Nakamoto menerbitkan whitepaper pada milis cryptography. Peristiwa itu mengubah sejarah uang dan membuat kita semua bertanya-tanya tentang siapa dalang di baliknya.

Sampai sekarang, Satoshi Nakamoto yang memiliki sekitar 1 juta Bitcoin, sejak awal tidak pernah memindahkan Bitcoin miliknya ke manapun, tidak pernah membelanjakannya. Bahkan tidak untuk kegiatan sosial. Kira-kira kenapa ?

 

Seperti ditulis oleh Randall Stephens di medium The Startup.

 

Selama bertahun-tahun, banyak jurnalis dan blogger telah mencoba mengungkap siapa pencipta Bitcoin. Ada banyak kandidat, beberapa di antaranya bahkan mencalonkan diri. Namun, tidak ada yang memberikan bukti akurat tentang klaim mereka, jadi dunia masih mencari orang di balik misteri itu.

Namun, ada satu kandidat yang menonjol. dapat dikatakan dengan sangat yakin bahwa dia adalah pencipta Bitcoin. Sebelum mengetahui siapa kandidat tersebut, berikut adalah profil dari Satoshi Nakamoto.

profil satoshi nakamoto

 

Dalam profil P2P Foundation Satoshi, ia mengaku sebagai pria dari Jepang, lahir pada 5 April 1975. Masalahnya adalah ia tidak berperilaku atau terdengar seperti seseorang dari Jepang. Pertama-tama, ia menulis whitepaper dan posting selanjutnya dalam bahasa Inggris yang sempurna. Kedua, pola tidurnya sangat aneh bagi seseorang yang tinggal di Jepang.

Anggota Forum Bitcoin Stefan Thomas membuat grafik waktu dari lebih dari 500 pos Satoshi. Dia menemukan bahwa Satoshi Nakamoto tidak pernah memposting apa pun antara pukul 2 malam. dan 8 malam Waktu jepang. Jadi, mungkin seluruh identitas Satoshi adalah fiksi.

Tapi mengapa dia berpura-pura menjadi orang lain?

penemu bitcoin
Phil Zimmermann

Ada Alasan Dibaliknya

Sama seperti project Pretty Good Privacy, sebuah proyek yang memungkinkan orang untuk saling mengirim pesan terenkripsi. Phil Zimmermann, seorang aktivis yang ingin memberikan orang-orang yang berkarakter rebel saluran komunikasi yang tidak bisa dipantau pemerintah, ia mendirikan PGP untuk menciptakannya. Namun, pemerintah AS menyadari potensi teknologi ini dan menyitanya. PGP dan Zimmermann kemudian menjadi subyek investigasi kriminal.

Satu-satunya hal yang dilakukan teknologi ini adalah memungkinkan dua orang untuk berkomunikasi tanpa disadap. Jadi, bayangkan bagaimana pemerintah memperlakukan pencipta Bitcoin, sebuah teknologi yang memungkinkan transfer uang gratis tanpa bank atau perantara. Teknologi yang mengambil uang dari tangan pemerintah.

Baca Juga : Mungkin ini sebab Satoshi Nakamoto Menghilang

 

Apa yang kita ketahui tentang pencipta Bitcoin?

Setelah melihat keraguan mengenai identitasnya dan alasan untuk menyembunyikannya, inilah yang kita ketahui tentang Satoshi Nakamoto.

Seperti yang telah disebutkan, Satoshi Nakamoto muncul dengan whitepaper pada milis cryptography metzdowd.com. Dokumen sembilan halamannya mengusulkan “sistem uang elektronik baru yang sepenuhnya peer-to-peer, tanpa pihak ketiga yang tepercaya” pada Halloween 2008.

Dia kemudian menciptakan forum bitcointalk.org dan memposting pesan pertama di bawah nama samaran satoshi. Dia juga membuat situs web dengan nama domain Bitcoin.org dan terus bekerja pada Bitcoin software. Pada 3 Januari 2009, Satoshi menambang blok Bitcoin pertama, yang dikenal sebagai “genesis block”.

bitcoin

Sepanjang 2010, Satoshi Nakamoto berkolaborasi dengan pengembang lain untuk memodifikasi protokol Bitcoin. Dia terlibat dalam komunitas Bitcoin dan sering berkolaborasi  dengan mereka. Kemudian, tiba-tiba, dia memberikan kunci dan kode kepada Gavin Andresen dan mentransfer domain ke anggota komunitas. Pada akhir 2010, ia telah berhenti mengerjakan proyek.

Kemudian, pada hari Sabtu 23 April 2011, pencipta Bitcoin muncul sekali lagi untuk memposting pesan terakhirnya. Ketika pengembang Mike Hearn bertanya kepadanya apakah ia berencana untuk bergabung kembali dengan komunitas, Satoshi menjawab :

Saya sudah pindah ke hal-hal lain. Itu ada di tangan yang baik dengan Gavin dan semua orang.

Dan itu dari Satoshi Nakamoto

Orang yang telah mendisrupsi sistem keuangan demi kebaikan menghilang begitu saja. Tapi mengapa begitu?

Kita juga harus mempertimbangkan bahwa alamat Bitcoin Satoshi masih mengandung sekitar 1.000.000 BTC. Pada Desember 2017, ketika harga memuncak, ia memiliki lebih dari US $ 19 miliar. Untuk momen singkat itu, Nakamoto adalah orang terkaya ke-44 di dunia. Dan sampai hari ini dia belum menguangkan Bitcoin tunggal.
Semua bukti ini menunjukkan bahwa sesuatu mungkin terjadi pada pencipta Bitcoin. Itu sebabnya kami percaya Hal Finney adalah Satoshi Nakamoto.

Sayangnya, Hal Finney didiagnosis dengan penyakit ALS pada tahun 2009 dan berjuang melawan penyakit itu sampai kematiannya pada tahun 2014. kami membayangkan dia menciptakan masa depan uang, tetapi kemudian harus mundur ketika penyakit menyerangnya. Dan kemudian dia meninggal dan meninggalkan kita mengenai rumor tentang identitas asli pencipta Bitcoin.

Finney

 

Siapa Hal Finney?

Hal Finney adalah seorang ilmuwan komputer yang lulus dari Caltech pada tahun 1979. Sebagai seorang mahasiswa, ia menerima penghargaan “paling pintar” dari teman-temannya. Selama tahun pertamanya, ia mengambil kursus teori medan gravitasi yang dirancang untuk mahasiswa pascasarjana. Finney terkenal sangat cerdas, yang cocok dengan kriteria pertama untuk menjadi Satoshi Nakamoto.

Mahasiswa mengingat melihat Finney dengan salinan Atlas Shrugged dari Ayn Rand. Jika dia membaca literatur semacam ini, dia bisa dengan mudah membentuk pandangan libertarian tentang kehidupan.

libertarian bitcoin

Dan dia melakukannya. Pandangannya mendorongnya ke arah sekelompok pemikir bebas dan coders yang sedikit dikenal. Pada awal 1990-an, ia menjadi anggota Cypherpunks. Gerakan ini didedikasikan untuk “penggunaan luas cryptography yang kuat dan teknologi peningkatan privasi sebagai rute menuju perubahan sosial dan politik.” Mereka memproklamirkan diri sebagai pembela privasi dan Finney menggunakan pengetahuannya untuk mencapai visi cryptoanarchist.

Finney dan Zimmermann saling mengenal

Ketika seseorang menulis di milis Cypherpunk tentang Phil Zimmermann yang disebutkan di atas dan idenya untuk PGP, Hal merespons. Dia menghubungi Phil dan menjadi karyawan pertama PGP Corporation, yang bekerja di sana hingga pensiun pada tahun 2011. Pada tahun yang sama, Satoshi Nakamoto menghentikan keterlibatannya dengan Bitcoin.

Finney memberikan kontribusi signifikan pada versi baru protokol PGP, tetapi ia harus menyembunyikan keterlibatannya dari pemerintah. Jadi dia sangat menyadari masalah yang Phil miliki tentang PGP. Karena itu, dapat dipahami keinginannya untuk menyembunyikan identitasnya saat membuat Bitcoin.

Tapi mengapa dia memilih menjadi pria dari Jepang ?

satoshi nakamoto

Yah, karakter fiksi si Satoshi Nakamoto jauh lebih dekat dari yang kita perkirakan. Kurang dari dua mil dari rumahnya tinggal seorang ilmuwan lain bernama Dorian Prentice Satoshi Nakamoto. Mungkin Finney mengambil identitas Nakamoto untuk menyembunyikan identitasnya. Maksudku, bagaimana kemungkinan mereka berdua tinggal di Temple City, sebuah kota kecil dengan hanya 36.000 orang?

 

Mari kita lihat petunjuk lainnya

Setelah memposting whitepaper di milis, Satoshi Nakamoto menerima tiga balasan. Dua di antaranya negatif. Namun, jawaban ketiga sangat afirmatif, dan itu mendorong penerimaan Bitcoin. Tebak siapa yang memposting pesan itu?  Hal Finney.

Pesannya berisikan :
“Ini sepertinya ide yang sangat menjanjikan dan orisinal, dan saya berharap untuk melihat bagaimana konsep ini dikembangkan lebih lanjut.

Dia bahkan mendorong Satoshi untuk menulis kode, berpikir orang lain akan diyakinkan begitu mereka melihat jaringan berjalan.

Kisah selanjutnya seperti ini: Ketika kode selesai dan program siap untuk pengujian, Hal adalah orang yang menerima versi pertama dari Bitcoin. Pada 10 Januari 2009, ia mengunduh kode dan terhubung ke jaringan Bitcoin. Komputernya adalah yang pertama terhubung ke jaringan Satoshi.

Dua hari kemudian, Hal menerima 10 BTC dari Satoshi Nakamoto. Itu adalah transaksi Bitcoin pertama antara dua komputer. Bagi saya, sangat menarik bahwa Hal selalu terlibat dalam momen terbesar Bitcoin.

Tweet terkenal Hal :

Saya pikir hal-hal terjadi sedikit berbeda

Saya pikir Hal Finney ada di belakang akun Satoshi dan dia mengirim pesan kepada dirinya sendiri.
Saya tahu, sepertinya tidak masuk akal. Namun, jika Anda sengaja mencoba menyembunyikan kontribusi Anda pada proyek, inilah cara untuk melakukannya. Dia memalsukan pesan-pesan itu dan mengirim Bitcoin pertama untuk dirinya sendiri untuk menguji sistem transaksi. Itu sebabnya dia tidak pernah membayar mereka kembali.
Belum lagi, menurut Wikipedia, Hal Finney adalah orang yang menciptakan sistem reusable proof of work.  Seperti yang Anda ketahui, ini adalah protokol yang menjadi dasar bagi Bitcoin. Selanjutnya, Finney terpesona dengan gagasan uang digital dari tahun 1990-an. Pada tahun 1993, ia bahkan menciptakan mata uangnya sendiri yang disebut CRASH, berasal dari kata CRypto cASH.

nama crypto cash

Sebelum itu, David Chaum menemukan uang elektronik anonim yang disebut DigiCash. Satu bank di AS mulai bereksperimen dengannya dan Hal segera membuka rekening di sana. Masalahnya adalah versi Chaum bersifat centralized, dan ketika perusahaannya ambruk, begitu pula DigiCash. Finney tidak terlalu terhibur dengan ini, jadi dia mulai memikirkan cara untuk membuat mata uang terdesentralisasi. Sama seperti Bitcoin.

Tetapi Hal Finney membantah semuanya

Tentu saja, ini bukan pertama kalinya seseorang mengidentifikasi Hal Finney sebagai pencipta Bitcoin. Wartawan Forbes Andy Greenberg bahkan pergi ke rumahnya dan bertanya apakah dia Satoshi Nakamoto yang asli. namun dengan tegas ia membantah klaim tersebut. Sebagai bukti, putranya Jason menunjukkan percakapan antara Hal dan Satoshi dari 2009. Dia juga membantah mengetahui Dorian Prentice Satoshi Nakamoto, tetangganya dari Temple City.

Saya berasumsi dia hanya ingin menghabiskan hari-hari terakhirnya bersama keluarganya. Karena dia pada dasarnya lumpuh, dia tidak ingin diganggu oleh media. Dan media bukan satu-satunya masalah. Seseorang mencoba memeras 1.000 BTC darinya tak lama sebelum kematiannya. Bayangkan apa yang akan dilakukan penjahat itu jika mereka tahu dia adalah Satoshi Nakamoto yang sebenarnya. Dan tak dapat dibayangkan apa yang akan dilakukan pemerintah kepadanya.

kematian penemu bitcoin
Hal Finey bersama istrinya

Jadi, dia memutuskan untuk beristirahat Dan itu untuk yang terbaik. Anonimitas Satoshi meningkatkan tingkat kepercayaan terhadap sistem. Dia memberi dunia sesuatu yang luar biasa, warisan yang bisa dibanggakannya. Jika Bitcoin berhasil, itu akan mengalihkan kekuasaan dari pemerintah dan perusahaan ke tangan individu.
Di era teknologi, ketika privasi menjadi barang langka, Bitcoin adalah jawabannya. Walaupun di balik penciptaanya menyisakan ruang untuk imajinasi kita setiap orang dapat memproyeksikan visinya sendiri ke Bitcoin.

Meskipun karyanya telah melampaui hidupnya, kita seharusnya tidak melupakan Hal Finney dan warisannya kepada umat manusia. Bahkan jika spekulasi kami salah, dan dia bukan Satoshi Nakamoto yang sebenarnya, kita harus selalu ingat kontribusi yang dia buat untuk Bitcoin. Dia adalah seorang penemu terbaik pada abad ini untuk masa depan yang lebih baik.

 

Baca Juga Artikel Lainnya Tentang Bitcoin

Apa Itu Bitcoin Halving: Kapan Yang Selanjutnya?

 

Apa itu Double Spending dan Bagaimana Bitcoin Mengatasinya?

 

 

 

Related articles

Google trends keyword bitcoin

Tingkat Pencarian “Bitcoin” Di Google Meningkat Tiga Kali Lipat Pada Saat Lonjakan Harga Terbaru

  Tingkat volume pencarian (search volume) di Google untuk keyword “Bitcoin” meningkat sekitar tiga kali lipat selama periode lonjakan harga terbaru di awal April, berdasarkan data Google Trends. Berdasarkan Google Trends, search requests untuk Bitcoin (BTC) melonjak dari sekitar 30 menjadi 100, setelah lonjakan hebat cryptocurrency pada malam di tanggal 2 April. Malam itu Bitcoin […]

Anak Muda Di Bawah Usia 18 Tahun Yang Kaya Dari Investasi Bitcoin

  Kita semua tahu bahwa cryptocurrency telah menjadi sorotan dalam beberapa tahun terakhir. Cryptocurrency dilihat sebagai cara baru untuk bertransaksi atau menyimpan aset. Tapi, ada banyak kontroversi tentang cryptocurrency, entah itu baik ataupun buruk. Dengan cryptocurrency, Anda dapat melipatgandakan uang Anda dalam satu malam, tetapi Anda juga bisa kehilangan setengah dari semua uang Anda tersebut. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *