India Mempublikasikan Roadmap & Strategi Blockchain Nasional

Think Tank kebijakan dari pemerintah India, NITI Aayog, baru saja merelease strategi blockchain nasional India dalam draft paper berjudul “Blockchain — The India Strategy” yang menerangkan use cases dari blockchain di India bersama dengan kesimpulan dan pengalaman dari berbagai pilot projects.

Baca Juga : Mengenal Vexanium, Public Blockchain Platform Indonesia

NITI Aayog didirikan dengan tujuan untuk mencapai sustainable development goals dengan meningkatkan keterlibatan agency pemerintah dengan pembuatan kebijakan ekonomi.

.

.

2 Bagian Strategi Blockchain

Dokumen strategi ini mentarget berbagai stakeholder seperti pemerintah, pemimpin perusahaan dan warga negara dengan tujuan membenahi konsep yang ada terkait teknologi blockchain dan membuat rencana nasional yang kongkrit dan aksi-aksi terkait teknologi blockchain.

Paper kebijakan ini dirilis dalam 2 bagian, bagian pertama adalah konsep dasar, sistem trust dan potensi ekonomi dari smart contract dan blockchain, kemudahan melakukan bisnis dan use cases yang berbeda.

Bagian ke 2 akan direlease di beberapa minggu ke depan dan terutama berisi rekomendasi terkait penggunaan teknologi blockchain di India.

Think tank ini menjelaskan fitur generic dari teknologi distributed ledger bagi perubahan paradigma di politik ekonomi India dan menekankan bahwa keterlibatan government dalam beberapa proses harus dipikirkan ulang. Yang disebut dengan “governmental intermediation”.

Pemerintah harus mengambil perhatian khusus kepada jaringan decentralized di mana transaksi peer to peer bisa membangun value sosial ekonomi. Jika entitas negara hanya memiliki pekerjaan untuk me-maintan ledger saja tanpa menambah value, maka kita perlu melihat ulang peranan pemerintah

Contohnya, untuk transaksi property di mana ada sistem blockchain, maka pekerjaan pemerintah dalam mengurus record akan jauh berkurang.

 

Sumber : Cointelegraph

 

Informasi lainnya tentang Blockchain 

Teknologi Blockchain di Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025

 

Blockchain Untuk Sektor Publik atau Pemerintahan

 

Related articles

Vexanium Goes to Campus akan Jelajahi Kota Yogyakarta

Vexanium Foundation akan bekerja sama dengan Nodes Community untuk menyelenggarakan Vexanium Goes to Campus ke Yogyakarta pada tanggal 24 hingga 28 Februari 2020. Acara yang akan dilakukan di beberapa universitas di Yogyakarta ini bertujuan untuk mengedukasi mahasiswa mengenai manfaat dan penggunaan nyata dari teknologi blockchain yang diprediksi merupakan revolusi industri 4.0. Baca lebih lanjut mengenai: […]

visa blockchain Indonesia

Malaysia Memperkenalkan Special Visa Untuk Mendapatkan Talent Blockchain

Malaysia akan merilis special Visa yang dirancang untuk memacu inovasi teknologi. Para pejabat mengatakan hal ini dimaksudkan untuk menemukan talenta atau tenaga kerja blockchain yang berkualitas. Malaysia sedang mencoba memposisikan dirinya sebagai blockchain space, dan sekarang mereka meluncurkan ‘tech visa’ baru untuk menarik lebih banyak talenta. Visa jangka pendek yang baru diluncurkan pada konferensi Malaysia […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *