The Bank for International Settlement (BIS) Mulai Melirik Mata Uang Digital

BIS Blockchain CBDC

The Bank for International Settlement yang berfungsi sebagai bank untuk bank sentral telah mengeluarkan laporan tentang mata uang digital bank sentral (CBDC) hari ini. The Bank mengklaim bahwa mereka mengalami pertumbuhan di ekonomi digital ini tapi alasan yang mendasari pertumbuhan mereka berbeda dari negara lainnya.

Laporan tersebut menyampaikan bahwa CBDC pada umumnya berasal dari negara-negara yang inovatif dan inovasi ini cenderung menawarkan uang digital sebagai pelengkap uang tunai dan bukan untuk menggantikan uang tunai. Selain itu, proof-of-concept lebih sering didasarkan pada teknologi buku besar yang terdistribusi, yang selanjutnya merupakan modernisasi CDBC.

Laporan ini juga mendapatkan bahwa kebanyakan bank sentral sedang mempertimbangkan penerapan “hybrid” dimana CBDC membuat klaim langsung ke bank sentral tetapi aktivitas yang berhubungan dengan pelanggan ditangani di sektor swasta. CBDC sendiri merupakan uang bank sentral dalam bentuk elektronik. CBDC bertindak sebagai penghubung antara uang fisik yang dicetak oleh bank sentral dan uang digital, serta CBDC bertujuan untuk meremajakan kembali transaksi pembayaran dan finansial. Pemerintah sendiri tertarik pada CBDC karena beberapa alasan salah satunya karena kesempatan untuk meningkatkan ketersediaan dari uang bank sentral dan untuk menghindari resiko atas bentuk baru dari penciptaan uang oleh swasta.

Di Swedia dimana siklus ekonomi yang terjadi adalah penurunan uang tunai secara global, bank sentral Sveriges Riksbank sedang mengembangkan proof-of-concept yang menghadirkan CBDC sebagai pelengkap uang tunai, bukan sebagai pengganti. Berdasarkan laporan tersebut, pendekatan yang dilakukan oleh Swedia mengandalkan perantara yang mapan untuk menjalankan KYC dan tindakan due dilligence pada pengguna CBDC.

Dapat dikatakan bahwa penyebaran teknologi blockchain tidak hanya menguntungkan industri crypto tapi juga menguntungkan bank sentral dunia.

 

Informasi crypto dan blockchain lainnya :

Update Berita Blockchain 2020 : Yang Menarik Dari Roadmap Blockchain China, India, Australia

FED Philadelphia : CBDC Bisa Mendisrupsi Sistem Keuangan Saat Ini

 

 

Related articles

bank bisa menyimpan dana crypto

Panduan Pertama OCC Untuk Stablecoin Menimbulkan Banyak Pertanyaan

Pada awal minggu ini, penerbit stablecoin menerima pesan meyakinkan dari beberapa regulator keuangan terkemuka di AS yang mengatakan bahwa menyimpan cadangan fiat Anda di bank biasa merupakan hal yang baik-baik saja.¬† Di hari Senin, the Comptroller of the Currency¬† (OCC) yang berada di bawah Departemen Keuangan AS mengeluarkan petunjuk resmi yang mendeklarasikan bahwa bank nasional […]

mendaftarkan perusahaan crypto

Startup Crypto di Inggris Harus Melakukan Pendaftaran Sebelum 30 Juni

Financial Conduct Authority (FCA), pengawas keuangan Inggris telah mengingatkan semua bisnis yang terkait dengan Bitcoin (BTC) untuk mengirimkan aplikasi mereka untuk pendaftaran sebelum 30 Juni 2020, atau risiko tersingkir dari kawasan itu, menurut siaran pers pada 22 Juni 2020. Perusahaan Crypto Harus Mengajukan Permohonan Sebelum 30 Juni atau tidak mendapatkan kesempatan sama sekali Ketika industri […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *