Tools & Strategi Jual Beli NFT di Opensea : Analytics, Automation, Sniping

tampilan website depan Opensea

 

Beli atau berinvestasi NFT di Opensea kadangkala tidak sesederhana yang dibayangkan.  Project apa yang punya potensi naik karena dalam 1 jam terakhir banyak dibeli oleh whale, NFT apa yang memiliki tingkat kelangkaan yang cukup tinggi, upcoming project apa yang berpotensi karena banyak difollow oleh whale di Twitter, atau memiliki aktifitas tinggi di Discord, seringkali sulit dianalisa dengan mata telanjang.

Baca juga : Cara membeli NFT di Opensea dengan Metamask

Untuk mengambil keputusan NFT apa yang akan Anda beli atau jual, baik itu di primary market (minting di website project) atau secondary market di Opensea, Anda membutuhkan data, yang biasanya lebih lengkap disajikan di website tools analisa berbayar.

Untungnya, data di blockchain bersifat transparan (walaupun pseudonym/alias), sehingga banyak tools yang bisa dikembangkan untuk menganalisa data tersebut.

Berikut ini adalah berbagai macam tools analisa yang bisa membantu Anda mengambil keputusan membeli NFT baik itu di Opensea atau lainnya.

 

Tools NFT Discovery / Analytics NFT

Bisa dibilang hampir pasti bahwa untuk mendapatkan profit terbesar dari NFT adalah masuk di tahap awal sebuah project baru di launch atau sebelum launch, dan bukan membeli NFT di Opensea di secondary market. Untuk melakukan ini membutuhkan pengetahuan Anda tentang project bagus yang akan launch, memberikan Anda waktu cukup untuk tahu utilitynya atau aspek artworknya. terlibat di komunitasnya dan bisa saja mendapatkan whitelistnya.

Tahap discovery ini seringkali sulit bagi pendatang baru karena umumnya tidak tahu bagaimana mengevaluasi project, karena tidak memiliki volume dan floor price yang menjadi referensi dan bisa menjadi dasar saat project ini ditradingkan di secondary market. Tahap discovery project NFT yang bagus menjadi sulit untuk dilakukan.

Berikut ini beberapa tool yang bisa digunakan untuk menganalisa project.

NFTGO

NFTgo adalah salah satu tool analisa NFT yang memberikan konteks terhadap data,

d say that NFT Go is another take on discovery. This website adds several layers of context to the usual analytics that you’d expect to find, for example, whale tracking, drop curation, and a very nice dashboard that gives a user-friendly snapshot of what’s happening in the space. I also like its portfolio/address analysis page. Another very cool page is the profit leaderboard.

The very top of the homepage gives you a 30-second update on what’s happening in the past 24 hours, so it’s a good thing to check at the start of your day.

 

NFT GO analisa NFT di Opensea

NFTScoring

NFTscoring, yang merupakan salah satu portfolio dari Ycombinator, bisa membantu Anda menemukan informasi kenapa suatu project lebih berharga daripada project lainnya, juga menemukan project baru yang menarik lebih awal. Termasuk juga mentracking pergerakan whales, termasuk pembelian walletnya dan juga followingnya di social media.

NFT Scoring untuk beli NFT di Opensea

Nansen.ai

Nansen bisa dibilang adalah standar industri yang sangat dipandang sebagai tools analytics di Ethereum, bukan hanya analisa NFT saja, tetapi juga crypto di Ethereum secara keseluruhan. Nansen merupakan tools analisa generik yang tidak spesifik untuk NFT saja.

nansen untuk analisa NFT dan crypto

Nansen memiliki 4 tier membership, dari free, standard tier $149/bulan, VIP  $1,490 dan Alpha yang harus menunggu waitlist  $3,000/bulan. Untuk kebanyakan orang, level standard saja sudah cukup, namun bisa cepat mencapai limit untuk pro trader karena hanya ada batas  3 custom smart alerts.

 

ICY Tools

Icy.tools dibandingkan Nansen, lebih spesifik ke NFT dan jauh lebih murah.

Menggunakan Icy tools, Anda juga bisa melihat trending collections per 1 menit, 5 menit, 15 menit, 1 jam, 12 jam, 1 hari.

 

icy tools beli NFT di Opensea

Tentu saja fitur ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan fitur analisa NFT di Opensea yang hanya tersedia timeframe paling kecil hanya 1 hari.

tampilan opensea trending collections

Untuk menggunakan ICY tools Anda bisa membeli weekly pass atau membeli ICY Founders Club NFT yang memberi Anda lifetime access.

 

NFTSEA

NFTSEA adalah “deal finder” untuk NFT. Gabungan antara versi sederhana Nansen, Trait Sniper dan NFT Calendar, NFTsea bisa membantu Anda menemukan project baru, menganalisa project yang sudah direveal, atau belum direveal, juga memberikan indikator probabilitas tinggi atau rendah untuk menjadi profitable.

Biaya berlangganannya adalah 0,1 ETH untuk 6 bulan.

Dibandingkatn tools lainnya, NFTsea lebih murah namun memiliki fitur yang lebih lengkap (kecuali NFTscoring yang punya fitur lebih lengkap). Pengguna free bisa tetap update dengan fitur trending, minting, upcoming drops sedangkan pengguna berbayar bisa melihat charts, graphs dan update per detik.

Salah satu data penting yang bisa Anda lihat tentang statistik NFT adalah, fitur status minting project, juga % total token yang sudah di mint. Ini menjadi indikator seberapa sukses project tersebut.

 

Sniping tool NFT

Traitsniper

Trait Sniper adalah tools penting jika Anda ingin mengakses ranking rarity setelah sebuah project melakukan reveal. Di market memang ada beberapa rarity tracker, namun trait sniper merupakan salah satu yang tercepat untuk melisting koleksi baru.

traitsniper nft

Kegunaan utama dari tool ini adalah untuk men-snipe NFT yang “salah pasang harga”,  itulah pentingnya untuk segera mengecek rarity segera setelah reveal, sebelum holdr sadar seberapa rare item yang dipegangnya dan sebelum meng-adjust sale price di Opensea.

Trait sniper juga memiliki Chrome extension yang sangat membantu saat Anda melakukan browsing di Opensea dan bisa menunjukkan floor price dan ranking dari sebuah item. Detail ini dengan nyaman ditunjukkan di display Opensea. Chrome extension ini juga bisa digunakan untuk mengkalkulasi portofolio Anda berdasarkan floor price.

traitsniper untuk analisa NFT

Whaletogether

Whaletogether bisa dikategorikan sebagai tools sniper, dan juga rarity tools, bahkan juga tool analisa/discovery. Tools ini bisa didapatkan dalam bentuk Chrome extension Whalesniper.

Whaletogether adalah koleksi NFT sebanyak 7,777 AlphieWhales yang memberikan pengguna akses ke OpenSea companion tools, channel discord Alpha yang di lock, berbagai sumber daya untuk belajar NFT, kesempatan whitelist dari partner Whaletogether, dan banyak roadmap selanjutnya.

Pilar pertama dari roadmapnya adalah “tools” yang memberikan utility untuk NFT buyer atau flipper.

  1. Rarity Ranking– Mengambil data rarity/ranking dari keseluruhan collection
  2. Top Traits/Properties– Jumlah keunikan trait ditunjukkan bersama juga data top traits yang dihold oleh holder NFT
  3. Quick Buy Buttons– Mempersingkat langkah Anda dalam membeli NFT
  4. Gas Preset– Melakukan setting gas preset untuk memprioritaskan transaksi Anda dalam membeli NFT
  5. Contract Ninja– Melakukan minting langsung dari smart contract daripada di website
  6. Gas Tracker– Melihat langsung harga See live gas prices directly from the extension’s widget

Koleksi NFT Whaletogether bisa Anda beli di Opensea untuk menikmati utility di atas.

Tool Otomasi beli NFT di Opensea

NFT Pirates

NFT Pirates adalah bot bidding untuk Opensea yang saat ini hanya berjalan di sistem operasi Windows. Untuk menggunakannya di Mac Anda harus menggunakan virtual machine.

Ada 2 jenis software yang bisa digunakan dari NFT Pirates :  Bid bot and a Sniper Bot.

otomasi NFT di Opensea 1

Bidbot adalah untuk membeli harga diskon di floor price dan membuat bid otomatis (bisa lebih dari 1) di banyak token atau project, semuanya di bawah floor price. Siapa tahu offer Anda cukup untuk mendorong holder untuk menjual NFT mereka.

Range harga bid bot antara  0.75 sampai 2.5 ETH, tier yang lebih tinggi memiliki fitur support dan mentoring.

Sedangkan, Sniper Bot, digunakan untuk membeli listing di bawah harga tertentu.

Banyak holder NFT mempertanyakan etika dalam menggunakan bot, namun hal ini legal dan tidak melanggar term dari OpenSea. Alasan kenapa bot tidak disukai adalah karena banyaknya kasus salah input harga karena fat finger. Contohnya Anda sering dengar kasus holder BAYC ketinggalan 1 digit saat melisting di Opensea, mengetik 9 ETH dan bukannya 99 ETH. Sedangkan sniper bot yang di set untuk membeli BAYC di bawah floor price, misalnya 70 ETH, akan otomatis membeli listing 9 ETH tanpa memberikan kesempatan bagi holder untuk menyadari kesalahannya dan melakukan cancel listing yang salah.

Harga sniper bot kisaran  1 sampai 1.95 ETH.

 

Tools Valuasi Portfolio NFT

Mudah bagi kita untuk kehilangan arah dan data tentang seberapa banyak kita membeli NFT, apakah Anda lagi floating loss atau floating profit, karena inilah penting untuk mengetahui tools valuasi dari portofolio NFT Anda.

valuasi NFT

Tools yang Anda butuhkan dalam hal ini adalah tool valuasi, termasuk juga yang memberikan Anda histori dari semua transaksi NFT Anda, termasuk gas yang Anda bayarkan. Jika Anda ingin melakukannya secara manual, merekap pembelian NFT Anda, termasuk mencatat biaya gas fee minting atau transfer fee, bisa saja tetapi akan sangat mereportkan, namun jika memiliki tool seperti NFTbank akan sangat memudahkan.

 

Masih banyak tools lainnya ! Stay tune aja ya