Twitter Akan Mengembangkan Platform Media Sosial Berbasis Blockchain yang Terdesentralisasi

Jack Dorsey, CEO Twitter dan Square, mengumumkan bahwa Twitter akan mengembangkan platform media sosial berbasis blockchain yang terdesentralisasi. Lebih khusus lagi, Twitter Chief Technical Officer (CTO)  Parag Agrawal akan mencari pemimpin untuk tim yang akan mengembangkan platform ini. Kemudian pemimpin akan mempekerjakan orang lain yang dibutuhkan. Setelah itu, Twitter Inc. akan mendanai proyek sampai selesai. Proyek ini disebut bluesky.

Khususnya, pengumuman ini datang pada minggu yang sama ketika Twitter memasukkan shadowbanning ke dalam ketentuan layanan mereka melalui klausul berikut: “We may also remove or refuse to distribute any Content on the Services, limit distribution or visibility of any Content on the service, suspend or terminate users, and reclaim usernames without liability to you. “

Dorsey menjelaskan bahwa penegakan kebijakan global yang terpusat untuk mengatasi penyalahgunaan menempatkan terlalu banyak beban pada orang-orang dan tidak dapat meningkatkan skala jangka panjang. Mungkin yang lebih penting, ada begitu banyak konten di media sosial sehingga algoritma rekomendasi diperlukan untuk mengarahkan perhatian pengguna, dan algoritma ini adalah hak milik, mis. Bukan open source, menurut Dorsey.

Dorsey percaya bahwa media sosial memberi insentif kepada orang-orang untuk memusatkan perhatian mereka pada konten kontroversial dan keterlaluan daripada konten informatif yang mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan.

Dorsey pada dasarnya mengupas masalah sensor dalam seri tweet ini, meskipun pembahasan algoritma rekomendasi hak milik terkait dengan masalah sensor. Sensor pada platform media sosial terpusat seperti Twitter, Facebook, dan Reddit sampai pada titik yang dapat melumpuhkan kebebasan berbicara, setidaknya di beberapa waktu.

Selalu ada risiko pada platform media sosial terpusat yang memposting yang tidak setuju dengan sentimen arus utama tentang masalah politik, ekonomi, atau ilmiah akan dihapus oleh moderator. Selain itu, bisnis baru mengalami kesulitan tumbuh di media sosial karena moderator sering menghapus apa pun yang dapat dianggap ‘promosi,’ bahkan jika bisnis itu memposting konten asli.

Algoritma rekomendasi juga tidak memberikan bisnis baru dan pengguna baru, secara umum, kesempatan yang adil di media sosial karena algoritma ini mendukung akun yang sudah sangat populer. Menghabiskan uang untuk iklan cukup banyak dituntut untuk memiliki peluang mendapatkan pengikut nyata tidak peduli seberapa bagus konten akun baru itu.

Dorsey mengatakan bahwa alasan pengumuman ini datang sekarang adalah karena teknologi baru telah membuat platform media sosial yang terdesentralisasi menjadi layak, khususnya teknologi blockchain. Dorsey bahkan mengisyaratkan untuk menggunakan cryptocurrency untuk platform desentralisasi ini.

Agar adil tentang pengembangan platform media sosial yang didesentralisasi ini, Dorsey mengatakan akan dikembangkan secara terbuka. Dia mengatakan bahwa tim bluesky akan menemukan platform desentralisasi yang ada dan membangun di atasnya atau membuat dari awal. Either way, Twitter Inc. akan mendanai proyek sampai selesai bahkan jika itu memakan waktu bertahun-tahun.

Memang, Dorsey mengatakan akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk platform media sosial terdesentralisasi ini untuk siap karena harus sehat, dapat diukur, dan mudah digunakan. Lebih lanjut, algoritma rekomendasi open-source desentralisasi yang mempromosikan konten yang sehat akan menjadi aspek utama proyek, dan ini akan membutuhkan waktu untuk berkembang dengan baik.

Jika bluesky akhirnya berhasil, itu akan menjadi perubahan paradigma bagi dunia media sosial. Kebebasan akan sangat ditingkatkan karena moderator tidak lagi dapat menyensor konten. Teori ilmiah, ekonomi, dan politik akan berkembang lebih cepat karena ide-ide tidak akan disensor, dan ini dapat menyebabkan terobosan yang lebih banyak dan sering dan masyarakat yang lebih maju. Selain itu, bisnis baru akan memiliki kesempatan yang adil untuk mendapatkan visibilitas tanpa dipaksa membayar untuk iklan.

Sudah ada eksperimen dengan platform media sosial berbasis desentralisasi berbasis blockchain, terutama Steemit. Namun, tidak ada platform media sosial terdesentralisasi yang menjadi populer di arus utama. Apa yang membuat bluesky berbeda adalah bahwa Twitter memiliki sumber daya untuk membuat platform terdesentralisasi yang benar-benar optimal – dan ratusan juta pengguna untuk mempercepat adopsi.

Jika rencana Dorsey membuahkan hasil, platform media sosial terdesentralisasi berbasis blockchain ini dapat dengan mudah menjadi yang pertama dari jenisnya yang diadopsi secara massal di seluruh dunia, dan mudah untuk melihat bagaimana hal itu dapat mengubah dunia menjadi lebih baik.

 

Informasi lainnya tentang Blockchain :

Apa Itu Teknologi Blockchain ? Berikut Ini Quote Dari Para Ahli

Bedanya Public VS Private Blockhain dan Mengapa Kita Membutuhkannya ?

 

Related articles

Dapps Incentive Program Vexanium Menarik Perhatian Developers Aplikasi Blockchain asal Indonesia

by: Khansa Olivia Di tahun 2019, Vexanium berhasil meluncurkan mainnet mereka sendiri yang memungkinkan para developers blockchain untuk membuat kontrak pintar (smart contracts) dan Dapps (Aplikasi Terdesentralisasi / decentralized applications) menggunakan blockchain Vexanium. Vexanium menggunakan salah satu teknologi blockchain paling terdepan saat ini. Dengan algoritma konsensus Delegated Proof of Stake (DPoS), Vexanium menyediakan teknologi blockchain […]

visa blockchain Indonesia

Malaysia Memperkenalkan Special Visa Untuk Mendapatkan Talent Blockchain

Malaysia akan merilis special Visa yang dirancang untuk memacu inovasi teknologi. Para pejabat mengatakan hal ini dimaksudkan untuk menemukan talenta atau tenaga kerja blockchain yang berkualitas. Malaysia sedang mencoba memposisikan dirinya sebagai blockchain space, dan sekarang mereka meluncurkan ‘tech visa’ baru untuk menarik lebih banyak talenta. Visa jangka pendek yang baru diluncurkan pada konferensi Malaysia […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *