Untuk Mengedukasi Mass Market, Anda Harus Membangun Killer App – Bekraf di Blockjakarta 2019

BlockJakarta - Regulasi dan aturan blockchain di Indonesia

Untuk edukasi masyarakat, Anda harus membangun killer apps, sehingga membuat banyak orang belajar menggunakannya.

 

Di event Blockjakarta 2019, Neil El Himam, Deputi Infrastruktur Bekraf, memaparkan bagaimana pandangan Bekraf tentang blockchain. Liputan BlockJakarta bisa Anda baca di sini.

 

Potensi penggunaan blockchain di bidang ekonomi kreatif oleh Pak Neil

Blockchain sudah menjadi buzzword karena menjadi salah satu bagian di dalam revolusi industry 4.0 bersama AI, IOT, Cyber security dan blockchain.  Perlu diingat bahwa Blockchain tidak synonimus dengan bitcoin dan crypto.

Dengan blockchain, internet yang sebelumnya adalah internet of information, mengalami upgrade menjadi “internet of value”.¬† Sebelum blockchain, barang digital seperti tidak ada harganya, misalnya video, file mp3. Setelah adanya blockchain, barang digital menjadi bisa memiliki nilai.

Bekraf saat ini membina belasan subsektor kreatif, misalnya culinary, penerbitan, periklanan, music, fotografi semuanya bisa lari ke digital. Subsektor kreatif ini banyak yang mengalami pembajakan di internet. Karena itu Bekraf membuat Portamento untuk melindungi karya anak bangsa menggunakan teknologi blockchain.

Portamento adalah project blockchain untuk pendaftaran dan distribusi loyalty music, yang selama ini sangat sulit didata.

bekraf blockchain di indonesia
click to enlarge

Portamento juga ke depannya akan memiliki integrasi data dengan badan terkait.

bekraf blockchain lokal

Bekraf percaya bahwa teknologi blockchain menjadikan internet of value menjadi kenyataan. Saat ini memang masih kebanyakan di financial tetapi pelan-pelan akan pindah ke sector lain terutamanya dengan banyaknya startup blockchain bermunculan. Misalnya di sertifikat Pendidikan yang diblockchainkan, mentracing asal product dengan blockchain, Bekraf berharap para pelaku industry blockchain bisa berperan dalam memberikan solusi bagi bangsa kita

Saat ini di Indonesia, data yang melibatkan para kreator di industri kreatif juga sangat tersebar dan tidak sinkron, seperti tergambar di bawah ini. Dengan menggunakan blockchain, data ini bisa lebih tersinkronisasi.

blockchain data di indonesia

 

Sering menjadi pertanyaan bagi developer project blockchain, bagaimana cara mengedukasi masyarakat ? Untuk edukasi masyarakat itu melalui membangun killer apps, misalnya Gojek, Gojek sangat banyak digunakan sehingga membuat banyak orang belajar menggunakan mobile apps dan fitur paymentnya. Pertanyaannya adalah bagaimana developer blockchain bisa membuat killer apps sehingga membuat banyak orang mau terlibat di dalam penggunakan aplikasi berbasis blockchain.

 

Baca juga informasi lainnya tentang Blockchain di Indonesia

Kemenko Ekonomi Berminat Sediakan Pulau Khusus Blockchain – Liputan Khusus BlockJakarta 2019

Related articles

developer ICO ethereum

Bagaimana Cara Projek Berbasis Blockchain Ethereum Menghadapi Bear Market

Di November 2018, mayoritas harga cryptocurrency mengalami kejatuhan 60-90%, Ethereum sendiri yang banyak digunakan developer blockchain untuk menjadi platform Initial Coin Offering jatuh hingga 80%, sempat lama stabil di angka 7 juta, kini per Desember 2018 di kisaran 1,5 juta. Baca juga : Apa itu Ethereum ? Panduan Lengkap Ethereum Itu artinya, jika Anda sebagai […]

pemrograman blockchain

Mengenal Bahasa Pemograman Blockchain yang paling umum

Saat ini dunia sedang gencar mengembangkan teknologi blockchain dan tentu Anda ingin tahu lebih banyak mengenai blockchain, Maka dari itu Artikel kali ini akan membahas mengenai bahasa pemrograman blockchain. Enam bahasa yang tercantum di bawah adalah beberapa tool yang paling hot di dunia pengembangan blockchain. Baca Juga : 7 Alasan Kenapa Programmer Perlu Belajar Teknologi […]

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *