12 Use Case Blockchain di Berbagai Sektor Industri

blockchain-use-case-vexanium

Teknologi Blockchain adalah sebuah solusi yang berasal dari pemanfaatan kemajuan teknologi yang akan memudahkan bagi setiap perusahaan supaya dapat melakukan banyak hal yang baik bagi produktivitas mereka. Teknologi Blockchain adalah sebuah penerapan Use Case yang aktual dan memberi solusi yang tepat bagi permintaan jaman yang serba cepat dan efisien. 

Teknologi Blockchain memiliki karakteristik dan ciri yang khas dan inovatif. Hal itu termasuk desentralisasi informasi, transparansi, kekekalan, dan proses yang otomatis dan singkat. Elemen-elemen dalam karakteristik ini dapat diterapkan ke berbagai industri dan berpotensi melahirkan Use Case dalam jumlah yang besar.

Berikut adalah bidang-bidang yang kami yakini menjadi Use Case blockchain yang paling relevan untuk perusahaan dan pemerintah:

  • Keuangan
  • Rantai pasokan atau Jaringan Logistik
  • Identitas Digital
  • Energi.
  • Pemerintahan dan Sektor-Sektor Publik
  • Layanan Kesehatan dan Ilmu Hayati
  • Perdagangan dan Komoditas Internasional
  • Hukum
  • Media dan Hiburan
  • Perumahan
  • Olahraga dan Olahraga Elektronika
  • Pengaruh Gerakan Sosial

Keuangan

Perbankan dan layanan keuangan masih berjuang di dalam dengan proses operasional keuangan yang kuno dan ketinggalan jaman, penyelesaian pembayaran yang lamban, transparansi yang sempit, dan kerentanan sistem keamanan. Teknologi Blockchain dapat menyelesaikan semua masalah di atas dengan sistem tata kelola yang akuntabel dan transparan, peningkatan penyelarasan insentif di antara pemegang kepentingan, sistem dan infrastruktur teknologi yang aman, dan model bisnis yang efisien. Terlebih lagi, Blockchain memungkinkan upaya digitalisasi berbagai instrumen dan alat keuangan yang membawa likuiditas lebih besar, biaya modal yang jauh lebih rendah, berkurangnya resiko rekanan,dan akses ke investor dengan basis modal yang lebih luas.

Rantai Pasokan (Supply Chain)

Rantai pasokan atau rantai suplai atau jaringan logistic secara universal dan global sangat tidak efisien. Selain tidak efisien, Rantai pasokan juga sulit dilacak, dan sangat disayangkan seringkali dieksploitasi. Ketidakefisienan jaringan logistik dunia bisa jadi dilakukan secara sengaja ataupun tidak. Secara tidak sengaja, kesalahan perhitungan biaya peti kemas, kesalahan pendokumentasian, ataupun kesalahan dalam pemberian label dapat menjadi kerugian yang besar bagi perusahaan yang tidak perlu. Kesalahan yang disengaja seringkali dilakukan karena perilaku koruptif yang merugikan perusahaan yang dilakukan oleh orang-orang yang bekerja di dalam perusahaan tersebut. Hal ini terjadi karena banyaknya celah pemalsuan yang tidak mungkin terdeteksi.

Jaringan Blockchain di perusahaan membentuk infrastruktur Teknologi Informasi bersama yang menyederhanakan alur kerja untuk pemegang kepentingan di seluruh alur rantai pasokan. Blockchain memfasilitasi pelacakan aset yang akurat, memungkinkan peningkatan lisensi layanan, produk, dan perangkat lunak, dan pada akhirnya meningkatkan transparansi ke sumber barang-barang konsumen, dari sumber sampai ke titik konsumsi. Jika hal ini diterapkan, maka kesalahan yang disengaja maupun yang tidak disengaja akan ditekan hingga ke angka 0, sehingga perusahaan akan meraih keuntungan yang lebih maksimal dibanding sebelumnya.

Identitas Digital

Disebabkan oleh jumlah pelanggaran data yang semakin tahun semakin meningkat, menjadi sangat sulit bagi pihak yang berwenang untuk menyimpan dan mengelola identitas pengguna dan non-pengguna secara aman. Pencurian identitas digital merajalela di dalam masyarakat kita. Hal ini berdampak negatif bagi jutaan orang dan sangat merugikan. Hingga hari ini, setiap orang seperti tidak memiliki kendali penuh atas identitas maya mereka sendiri.

Sistem manajemen identitas digital berbasis Blockchain menyediakan infrastruktur terpadu, dengan pengoperasian yang mudah, dan kebal terhadap perusakan dengan keuntungan paling utama bagi perusahaan, pengguna itu sendiri, dan sistem manajemen IoT.

Energi.

Perusahaan minyak dan gas mendapat kerugian dari infrastruktur yang tidak aktif dan beberapa masalah lainnya terkait transparansi, efisiensi, dan optimalisasi informasi dan data. Teknologi blockchain seperti Vexanium memiliki potensi untuk secara signifikan meningkatkan efisiensi proses bisnis dan mampu mengurangi biaya yang berkaitan dengan pengoperasian dan distribusi minyak dan gas. Jika dikombinasikan dengan perangkat IoT, jaringan listrik blockchain akan mampu mengotomatiskan berbagai masalah penagihan dan penyelesaian, menyelesaikan pembayaran saat itu juga, dan mengurangi biaya-biaya keperluan yang terkait.

Baca Juga: Mengenal Vexanium, Public Blockchain & Crypto Terbaik Indonesia

Pemerintah Dan Sektor-Sektor Publik

Pemerintah nasional dan lokal sangat bergantung pada proses yang sudah ketinggalan zaman secara turun temurun, perangkat lunak yang tua, dan struktur organisasi yang sudah tidak efisien. Di lain pihak, sektor-sektor publik membutuhkan keamanan dengan tingkat tinggi.

Buku besar yang terenkripsi dan Smart Contract oleh Vexanium memungkinkan pemerintah membangun jaringan, meningkatkan akuntabilitas dan menjadi responsif terhadap permasalahan, meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan menciptakan fungsi pemerintah yang berkinerja tinggi dengan struktur yang lebih aman, gesit, dan dan tentunya hemat secara biaya.

Kesehatan Dan Ilmu Hayati

Informasi yang tidak tepat, silo data, dan kurangnya komunikasi antara pasien, penyelenggara, pihak rumah sakit, dan dokter merugikan perkembangan di bidang kesehatan.

Kedaulatan data berbasis Blockchain dan skenario pertukaran informasi yang berizin akan mengarah pada manajemen data medis yang lebih cepat tanggap, lebih efisien, dan lebih aman, serta pelacakan obat dan alat kesehatan yang terintegrasi dan responsif. Hal-hal tersebut secara signifikan dapat meningkatkan pelayanan dan perawatan terhadap pasien, memfasilitasi kemajuan bagi penemuan-penemuan medis, memastikan keaslian obat yang beredar di pasar dunia, dan banyak manfaat lainnya.

Perdagangan Dan Komoditas Internasional

Pembiayaan perdagangan dan sistem pertukaran komoditas sangat bergantung pada catatan analog di atas kertas yang rentan terhadap kecurangan, kesalahan, dan kelalaian manusia yang tidak disengaja, dan lambatnya proses pencatatan.

Blockchain dapat mengoptimalkan proses pembiayaan dan mempercepat operasi industri dengan memberikan solusi yang aman, ringkas, dan tanpa menggunakan catatan di atas kertas. Dengan  menggunakan Blockchain, setiap elemen dari proses keuangan perdagangan dapat diubah menjadi data digital, dan hanya pihak yang berwenanglah yang dapat mengakses data tersebut, memvalidasi setiap dokumentasi, dan yang terpenting melakukan transaksi.

Hukum

Layanan-layanan hukum di dunia diperkirakan akan tumbuh hingga $ 1.011 miliar pada tahun 2021. Seiring waktu dengan perkembangan industri ini, pekerjaan manual dan menyita banyak energi menghabiskan sebagian besar proses bekerja. Waktu yang terbuang dalam pembuatan dokumen dan kegiatan manajemen menelan biaya perusahaan hingga $ 9.071 per pengacara per tahun, setara dengan kerugian 9,8% dalam total produktivitas sebuah.

Blockchain meringankan proses manual padat karya sembari memastikan aksesibilitas, transparansi, penghematan biaya, kecepatan, efisiensi, dan integritas data ke industri hukum.

Media Dan Hiburan

Pembajakan digital, pembuatan salinan palsu, pelanggaran kekayaan intelektual studio, dan duplikasi barang-barang digital membuat industri hiburan merugi. Industri film dan TV AS menderita kerugian sehingga $ 71 miliar per tahun. Angka yang besar ini tentunya tidak sampai kepada pihak-pihak yang mempunyai hak atas setiap karya yang mereka hasilkan. Kerugian yang besar tersebut bisa saja digunakan untuk membiayai atau menghasilkan karya yang lebih baik dari sebelumnya.

Blockchain dapat membuat buku besar yang bisa didistribusikan yang mampu melacak siklus hidup setiap konten yang ada. Teknologi ini memiliki potensi yang besar untuk secara drastis mengurangi kejahatan pembajakan kekayaan intelektual, melindungi setiap konten digital yang dipublikasikan, dan memfasilitasi distribusi koleksi-koleksi digital yang asli dan otentik.

Perumahan

Investasi perumahan seringkali tidak dapat diakses oleh banyak pihak. Sementara investasi di bidang real estate adalah salah satu investasi yang paling menjanjikan. Saat ini, investasi di bidang perumahan menawarkan kepada investor likuiditas yang terbatas akan tetapi membutuhkan keterlibatan beberapa perantara lainnya sehingga biaya transaksi menjadi lebih tinggi.

Smart Contracts oleh blockchain Vexanium meningkatkan pengerjaan investasi Perumahan dengan menghilangkan perantara dan mengoptimalkan setiap proses. Selain itu, teknologi Blockchain memungkinkan industri tersebut untuk mendigitalisasi aset dan instrumen keuangan. Hal ini memungkinkan fraksinasi kepemilikan, peningkatan likuiditas, dan akses yang bebas menuju peluang investasi bidang real estate.

Ritel Fashion & Barang Mewah

Laju industri fashion & mewah ritel semakin cepat dengan tuntutan konsumen yang terus berubah. Teknologi Blockchain berdiri untuk mengatasi tantangan industri dengan gaya lama dengan meningkatkan fungsi-fungsi manajemen data, meningkatkan operasi rantai pasokan, dan mengurangi risiko pasar palsu dan abu-abu.

Olahraga Dan Olahraga Elektronika

Ada banyak Use Case bagi penggunaan Teknologi Blockchain bagi berbagai organisasi olahraga, tim yang bekerja, bahkan kepada penggemar dari sebuah organisasi olahraga. 

Berbagai kasus penggunaan blockchain ada untuk organisasi olahraga, tim, dan penggemar. Vexanium memungkinkan Smart Contracts yang memungkinkan merampingkan operasi yang telah ada, menyediakan jenis sumber pendapatan baru, dan meningkatkan keterlibatan penggemar dengan peningkatan program dan insentif loyalitas.

Pengaruh Terhadap Gerakan Sosial

Hal-hal yang menjadi prinsip-prinsip utama dari teknologi Blockchain adalah informasi yang abadi, transparan, dan keamanan informasi dari perusakan, pencurian dan lainnya. Blockchain ini memungkinkan berbagai pihak untuk membentuk kembali rasa keadilan dari ekonomi yang modern yang mengeksploitasi secara terus menerus. 

Ada data perkiraan yang menyebutkan sekitar 20-25% dana bagi proyek sosial yang hilang akibat adanya korupsi yang secara menyeluruh terjadi di pemerintahan. Selain itu, pengiriman dana secara global meningkat secara tajam dalam era sekarang dan kemudian perantara pengiriman tersebut mengambil hingga 7% dari keseluruhan jumlah yang dikirim. Tentu saja ini berarti dana tersebut berkurang atau pihak pengirim harus menyediakan dana yang lebih sebagai biaya tambahan yang sebenarnya merugikan. Yang terakhir adalah bahwa banyak solusi teknologi keuangan yang modern yang tidak berhasil memasukkan sekitar 1, 7 miliar orang dewasa yang tidak memiliki rekening perbankan.

Bagaimana Cara Pemanfaatan Use Case Blockchain yang Berdampak Luas Secara Sosial?

Bagi sebuah perusahaan atau lembaga yang menggunakan teknologi Blockchain keuntungan yang didapatkan merupakan hasil dari efisiensi dari pendistribusian buku besar karena informasi yang lebih sederhana sehingga orang yang mengakses dapat mengerti lebih cepat dan tentu saja biaya yang jauh berkurang karena informasi yang ditampilkan menggunakan teknologi digital. Model analog rentan terhadap kesalahan, dan sebuah kesalahan kecil adalah sebuah kerugian yang sebenarnya tidak perlu bagi perusahaan

Di sisi lain, tentu saja efektifitas yang terjadi di perusahaan dan lembaga tersebut sangat mungkin terjadi pada proyek-proyek yang memiliki dampak sosial.

Jika sebuah organisasi yang memiliki proyek sosial menggunakan blockchain, ia akan mampu melakukan banyak hal, seperti berikut. 

  1. Memajukan proses transparansi. Banyak proyek sosial yang didukung oleh donasi. Donasi yang alokasinya transparan tentu akan meningkatkan kepercayaan donatur terhadap proyek tersebut.
  2. Menggerakkan inklusi keuangan. Gerakan sosial banyak bergerak di masyarakat yang memiliki tingkat akses terhadap fasilitas kehidupan yang minim. Salah satunya akses terhadap fasilitas perbankan. 
  3. Mampu mengatasi perilaku konsumtif yang tidak sustainable di banyak perdagangan ritel yang mahal dan mewah.
  4. Mampu menyimpan bukti-bukti yang kekal dari informasi mengenai kejahatan perang seseorang atau negara.
  5. Mampu memberikan program bantuan tunai atau voucher belanja yang lebih efisien dan hemat serta transparan hingga tepat guna.
  6. Memberikan solusi jual beli digital untuk memberikan insentif kepada komunitas-komunitas yang memiliki resiko tinggi dalam memberantas polusi yang terjadi di lautan.

Related articles

instagram censored - blockchain tech

Teknologi Blockchain Jadi jawaban atas Dihapusnya Akun Meme di Instagram

  Instagram pada tanggal 29 Juli baru saja melakukan pembersihan besar-besaran pada platformnya yang menyebabkan akun-akun khusus meme hilang. Skandal itu menggarisbawahi mengapa kita membutuhkan alternatif dari Instagram untuk melindungi meme kita yang berharga. Instagram terlibat dalam skandal setelah menghapus sekitar 30 aku meme yang digabungkan memiliki total 33 juta pengikut. Halaman-halaman tersebut dihapus karena […]

Vexanium x Nodes Defi Webinar

Vexanium x Nodes Community DeFi Day Webinar August 2020 : The New Beginning

Kemunculan DeFi atau Decentralized Finance sebagai model baru dalam layanan finansial dan keuangan telah menjadi sorotan di dunia blockchain dan cryptocurrency di tahun 2020 ini. DeFi mengacu pada ekosistem protokol, platform, aplikasi, dan alat yang membangun kembali produk keuangan tradisional di luar sistem keuangan tradisional.  DeFi dibuat dengan konsep open-source dan jaringan yang tak dapat […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *