Vexanium Foundation Kembali Adakan BDLP untuk Pelatihan Teknikal Blockchain di Politeknik Bhakti Semesta Salatiga

#BDLP2021 

JAKARTA (21 Mei 2021) – Pada tahun 2020 yang lalu Vexanium Foundation telah sukses mengadakan Block Developers Learning Program (BDLP) di Universitas Raharja.  Para partisipan yang sebagian besar mahasiswa tersebut berhasil membuat berbagai ide proyek berbasis blockchain yang sangat menarik dari program ini.

Melalui hal ini, pada tanggal 25 Mei 2021, Vexanium Foundation kembali meluncurkan program BDLP yang bekerjasama dengan Politeknik Bhakti Semesta Salatiga. Pada tahap awal, Vexanium Foundation mengadakan pelatihan kepada dosen di Politeknik Bhakti Semesta Salatiga terlebih dahulu. Setelah itu baru akan dilakukan penyusunan kurikulum berbasis blockchain. Kemudian harapannya kurikulum blockchain ini bisa dijalankan pada semester berikutnya di Politeknik Bhakti Semesta Salatiga.

BDLP ini sendiri adalah program berbasis edukasi untuk menumbuhkembangkan potensi masyarakat luas dalam bidang teknologi informasi, khususnya dalam penguasaan teknologi Blockchain. Program ini juga dibuat untuk memenuhi kebutuhan programmer Blockchain di Indonesia, yang saat ini jumlahnya masih sangat sedikit.

Tujuan dari program ini selain untuk memperkenalkan teknologi blokchain kepada partisipan adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta dalam memahami teknologi blockhain, baik secara teoritis maupun praktikal. Jadi setelah mengikuti acara ini para partisipan diharapkan mampu menerapkan dan mengaplikasikan karya blockchain-nya secara nyata.

Ada tiga poin penting yang akan ada di BDLP ini. Yang pertama, program ini akan memberikan penjelasan mengenai berbagai model kasus penggunaan (use cases) blockchain. Kedua, program ini juga akan mempraktikan pembuatan kontrak pintar (smart contract) secara lengkap di jaringan blockchain. Kemudian, yang terakhir adalah pembuatan konsep dan aplikasi berbasis blockchain yang akan dilakukan oleh para partisipan.