Vexanium Mengarah ke Mainnet, Apa Artinya?

vexanium public blockchain Indonesia

 

Untuk membuktikan keseriusannya sebagai perusahaan berbasis blockchain dari Indonesia yang sedang berkembang sangat pesat, Vexanium berencana untuk memiliki platform blockchainnya sendiri, atau biasa disebut dengan mainnet. Saat ini Vexanium masih menggunakan teknologi blockchain dari Achain, dengan kata lain Vexanium “menumpang” di platform blockchain perusahaan lain, jadi Vexanium terikat smart contract dengan pihak Achain.

Dalam waktu dekat ini, Vexanium berencana memanfaatkan teknologi forking theory yang berasal dari Achain, yang memungkinkan Vexanium untuk memiliki jaringan blockchainnya sendiri di luar blockchain yang dimiliki oleh Achain. Dengan menggunakan teknologi tersebut, pihak perusahaan jadi bisa bersifat lebih independen dalam memanfaatkan teknologi blockchain sesuai dengan kebutuhan dan tujuan dari perusahaannya.

Jadi jika Vexanium telah memiliki mainnet sendiri, maka proyek-proyek baru yang ingin menggunakan teknologi blockchain bisa membangun perusahaannya di atas jaringan blockchain yang dimiliki oleh Vexanium. Jika sebuah perusahaan berbasis blockchain telah meluncurkan mainnet maka perusahaan tersebut berada di main chain, sedangkan jika masih menggunakan servis dari blockchain perusahaan lain maka itu berada di side chain dari blockchain perusahaan lain tersebut.

Ada 3 alasan utama yang membuat mengapa peluncuran mainnet penting bagi perusahaan-perusahaan berbasis blockchain, yaitu:

  1. Memiliki jaringan blockchain sendiri, sehingga bisa menghilangkan label “beta” dari perusahaan.
  2. Membuktikan kredibilitas dari sebuah perusahaan, bahwa perusahaan tersebut telah mengubah sebuah ide menjadi implementasi yang nyata.
  3. Memungkinkan proyek-proyek baru berbasis blockchain untuk menjalankan perusahaanya menggunakan side chain dari blockchain perusahaan yang sudah meluncurkan mainnet.

“Indonesia memerlukan sebuah role model yang akan menjadi penambah semangat. Kita perlu satu impian dan harapan. Saya berharap, dengan public blockchain mampu membawa mimpi-mimpi anak bangsa sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Mungkin bisnis e-commerce kita tertinggal 10 tahun dari Tiongkok, jepang dan lain-lain. Namun, soal adopsi blockchain, Indonesia hanya tertinggal satu tahun saja dengan negara lain. Hanya saja kita perlu percepatan dan keinginan yang lebih sungguh-sungguh. Ini saatnya bagi anak-anak bangsa kita berkarya dan sejajar dengan bangsa lain seperti yang sudah terjadi di e-commerce sebelumnya,” tegas Danny Baskara, selaku founder dan CEO dari Vexanium.

Jika berbicara tentang urusan kualitas dari jaringan blockchain yang dimiliki oleh Vexanium, maka tidak perlu diragukan lagi, karena kecepatan transaksinya akan berada di 1000 TPS (transactions per second). Kecepatan ini sangatlah cepat dibandingkan dengan kecepatan transaksi dari Ethereum yang hanya sekitar 15 TPS. Kecepatan transaksi ini sesuai dengan kebutuhan Vexanium yang bergerak di bidang retail dan pemasaran.

Dengan perkembangan teknologi yang akan dilakukan oleh Vexanium, yaitu menuju ke mainnet, Vexanium ingin memperkuat eksistensinya sebagai perusahaan berbasis blockchain dari Indonesia yang bisa menjadi gateway bagi proyek-proyek blockchain yang baru untuk menggunakan platform blockchain dari Vexanium. Istilah mudahnya adalah Vexanium bisa menjadi “Ethereum” dari Indonesia.

Related articles

harga bitcoin

Mengapa Kemungkinan Harga Pasar Cryptocurrency akan naik pada Akhir 2018

Secara historis, selama sembilan tahun terakhir, Bitcoin (BTC) telah mengalami empat perubahan besar, yang semuanya menyebabkan menurunnya Bitcoin sebanyak lebih dari 80 persen. Perubahan pasar kripto yang dialami pada tahun 2018 menghasilkan penurunan 69 persen terhadap harga dari mata uang Bitcoin, dengan beberapa mata uang kripto lainnya seperti Binance Coin (BNB) dan EOS yang mencatat […]

Vexanium akan Menjadi Public Blockchain Terbesar di Indonesia

Sebagai sebuah teknologi yang sudah semakin dikenal oleh masyarakat luas, blockchain terus menunjukan eksistensinya untuk dimanfaatkan secara lebih signifikan untuk penyelesaian permasalahan-permasalahan di kehidupan sehari-hari. Saat ini sudah banyak sekali perusahaan berbasis blockchain yang terus qmemanfaatkan teknologi ini untuk menunjang performa perusahaannya sesuai dengan sektor industri yang digeluti oleh perusahaan-perusahaan tersebut. Di Indonesia sendiri, perusahaan berbasis […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *