Voice.com, Revolusi Media Sosial Berbasis Blockchain

Media sosial adalah sebuah topik yang apabila dibicarakan, tidak akan pernah ada habisnya. Terlebih lagi begitu banyak kontroversi yang terkait di media sosial, dimulai dari permasalahan kebocoran data, penyebaran konten-konten negatif yang sulit untuk dikontrol, akun palsu, sampai dengan kurangnya transparansi antara pemilik media sosial tersebut dengan para penggunanya. Media sosial tak lagi terpusat pada penggunanya. Sejak awal hingga sekarang, media sosial menggunakan para penggunanya, entah dari segi data, kontribusi mereka, dan sebagainya, demi keuntungan dan kepentingan perusahaan media sosial tersebut.

voice.com media sosial blockchain

Menanggapi permasalahan seputar media sosial tersebut, Block.one mengumumkan akan merilis Voice, sebuah aplikasi media sosial berbasis blockchain pertama yang dirancang dengan pengguna sebagai fokus utamanya. Voice akan menawarkan fungsi-fungsi yang sudah akrab bagi semua pengguna media sosial saat ini, tetapi dengan sejumlah fitur terkait blockchain. Aplikasi Voice ini dibangun di Blockchain publik milik EOS yang berjalan pada protokol EOSIO. Maka dari itu, interaksi pada Voice akan bersifat publik dan memungkinkan transparansi untuk menjadi bagian inti dari pengalaman pengguna. Semua orang – pengguna, kontributor, platform – akan bermain dengan aturan yang sama. Tidak ada algoritma tersembunyi.

 

“Kebenarannya adalah, media sosial saat ini dirancang untuk menggunakan penggunanya. Lihat saja model bisnisnya. Konten, data, dan perhatian kita adalah hal yang sangat berharga. Tapi saat ini, platform-nya lah yang mendapatkan keuntungan, bukan para penggunanya. Keuntungan yang mereka dapatnya berasal dari melelang informasi pengguna ke pengiklan, mengantongi keuntungan, dan membanjiri feed kita dengan agenda tersembunyi yang ditentukan oleh penawar tertinggi. Voice hadir untuk mengubah itu semua.” – Brendan Blumer, Block.one CEO.

Voice ingin mengembalikan kontrol dan manfaat media sosial kembali ke penggunanya. Teknologi blockchain yang mendasari aplikasi ini akan menciptakan transparansi di Voice dan mengembalikan kepercayaan para pengguna. Selain itu, Voice juga akan memasukan fitur token yang mewakili user attention dan dapat digunakan untuk mempromosikan konten atau meningkatkan engangement terhadap konten yang disebar di platform tersebut. Hal ini dikarenakan platform media sosial tradisional memonetisasi user attention dengan menjual iklan yang ditargetkan ke pihak ketiga.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan token Voice bagi pengguna, yaitu:

  1. Pengguna yang baru mendaftar akan mendapatkan token sejumlah rewardsharian selama 30 hari, secara langsung.
  2. Tunjangan Harian Gratis, yang menyerupai gagasan Universal Basic Income (UBI) yang sangat didukung oleh Dan Larimer.
  3. Rewarduntuk membuat konten populer.
  4. Reward untuk kegiatan spesial lainnya, seperti hadiah untuk konten-konten yang luar biasa, dengan menonton iklan, bantuan untuk memoderasi konten, dan juga bonus refferal.

Block.one akan meluncurkan aplikasi versi Beta dari Voice pada tanggal 14 Februari 2020 mendatang.

Related articles

Alibaba Bermitra Dengan Perusahaan Software Raksasa Di China Untuk Mempromosikan Pengembangan Blockchain

E-commerce terbesar di China, Alibaba telah menandatangani kerjasama dengan Aerospace Information Co yang merupakan developer dan penyedia software. Perjanjian ini sendiri meliputi kerjasama strategis untuk komputasi cloud, blockchain dan pengembangan layanan teknologi lainnya seperti yang dilaporkan oleh Securities Daily, publikasi finansial China pada 21 Maret. Kedua pihak telah sepakat untuk mengambil keuntungan dari teknologi mereka […]

#DelistBSV: Inilah Mengapa Bitcoin SV Dapat Dihapuskan dari Semua Exchange

Dukungan terhadap ‘Hodlonaut’ terus meningkat setelah dirinya terlibat di dalam pertarungan hukum dengan sang pencipta Bitcoin SV.   Cakupan kampanye #DelistBSV semakin meluas setelah salah satu pendiri Morgan Creek Digital Anthony Pompliano, bergabung menjadi salah satu di daftar influencer crypto, yang mendorong semua orang untuk melihat Bitcoin Cash Fork yang kontroversial. Serangan balasan muncul setelah […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *