Yang Perlu Diketahui Programmer Tentang Revolusi Industri 4.0

revolusi industri 4.0

 

Vexanium.com adalah indonesia public blockchain platform yang mendukung terjadinya revolusi industri di Indonesia. Vexanium menggunakan bahasa pemrograman C++ , yang merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer dan banyak dipelajari oleh mahasiswa di Indonesia, selain C++, bahasa pemrograman lain yang juga digunanakan adalah Phyton dan WebAssembly.

 

Dengan teknologi blockchain, uang menjadi “programmable”

 

Revolusi Industri 4.0 ….. pasti Anda pernah mendengarnya.

Tetapi apa sih sebenarnya revolusi industry 4.0 itu ?

Dan apa saja yang perlu diketahui oleh programmer terkait dengan revolusi industry 4.0 ?

 

Revolusi industry 4.0 nama yang diberikan untuk trend yang terkait dengan otomasi dan data exchange, pada awalnya istilah “revolusi industry” banyak digunakan di industry manufaktur, tetapi banyak juga digunakan di industry lainnya.

Ada banyak elemen yang men-driving transformasi industry 4.0 : 3D printing, robot, automation, IoT, Machine learning, digitalisasi supply chain. Teknologi berikutnya yang akan berkontribusi secara massif kepada revolusi industry adalah blockchain.

Ketika kita mencermati lagi use case dari manufaktur masa depan, dan mencocokkannya dengan karakteristik blockchain, Anda akan menemukan bahwa blockchain adalah teknologi yang sangat penting untuk transformasi dari industry manufaktur.

 

Baca Juga : Apa saja manfaat dan kelebihan teknologi blockchain ?

 

Blockchain bisa memberikan value yang besar ketika ada kebutuhan banyak partisipan dalam suatu network (yang tidak saling mengenal) melakukan transaksi satu sama lain, atau melakukan pertukaran data satu sama lain di dalam suatu environment yang bisa dipercaya. Dengan adanya blockchain, uang atau money bisa menjadi “programmable” dengan smart contract sehingga banyak aktivitas yang bisa diotomasi.

Teknologi blockchain memiliki kemampuan untuk meningkatkan proses manufaktur sebagai berikut :

  • Otomasi dan integrasi supply chain
  • Tracking & tracing product lifecycle
  • Membagikan dan mengamankan IoT intelligence

Public blockchain platform di Indonesia adalah Vexanium.com yang menggunakan bahasa pemrograman C++ , yang merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer dan banyak dipelajari oleh mahasiswa di Indonesia, selain C++, bahasa pemrograman lain yang juga digunanakan adalah Phyton dan WebAssembly.

big data - blockchain artificial intelligence

 

Seperti apa revolusi industry 4.0 : Gabungan blockchain dan Artificial Intelligence

Blockchain bisa mengatasi banyak inefisiensi di dalam teknologi yang ada sekarang melalui kemampuannya melakukan desentralisasi dari ownership dan sharing data.

Saat ini, data dalam jumlah massive dimiliki hanya oleh perusahaan besar seperti Google, Facebook, Baidu, disebut dengan “oligopoly data”, sehingga hanya perusahaan ini saja yang bisa secara continue meningkatkan kemampuan AI mereka.

Blockchain bisa mem-break down oligopoly data melalui ownership data dan control data secara individu.  Hal ini akan membuka akses data yang sangat besar untuk digunakan oleh developer AI yang sebelumnya tidak memiliki akses data sebesar ini.

Artinya, ke depannya akan ada data marketplace, atau pasar data untuk developer yang membutuhkan data untuk projectnya. Data marketplace yang terlepas dari oligopoly perusahaan besar ini akan membantu programmer individual atau softwarehouse kecil untuk masuk ke dalam pasar dan membuat aplikasi yang dibutuhkannya dan membuat industry lebih maju dengan AI.

Seperti inilah data akan disimpan, dijual dan didistribusikan di revolusi industry ke 4.

Ketika Artificial Intelligence dan blockchain diaplikasikan bersama-sama, akan memberikan perlindungan ganda dari serangan cyber. Algoritma machine learning bisa ditraining untuk mengotomasi deteksi serangan secara real time dan secara continue mempelajari behavior dari serangan yang ada, sehingga mempertebal perlindungan dari malware. Sedangkan sifat desentralisasi dari blockchain bisa melindungi dari sifat bawaan AI yang sentralisasi, sehingga bisa melindungi dari serangan yang harus melalui banyak gerbang masuk terlebih dahulu.

 

Baca Juga Informasi Lainnya Tentang Teknologi Blockchain

Mengenal Teknologi Blockchain Sebagai P2P Decentralized Network

 

Apa itu ICO (Initial Coin Offering)?

 

 

 

 

 

Related articles

kegunaan bitcoin memecahkan masalah double spending

Apa itu Double Spending dan Bagaimana Bitcoin Mengatasinya?

  Bitcoin mendapatkan popularitas dan adopsi yang cepat di seluruh dunia. Kehadiran Bitcoin mendefinisikan ulang cara kita menggunakan uang dengan menjadi mata uang digital yang berfungsi secara penuh pertama di dunia. Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa bahkan sebelum Bitcoin, ada upaya untuk menciptakan sistem moneter digital yang bisa sustainable. Tetapi semua upaya itu gagal karena […]

revolusi industri 4.0

Yang Perlu Diketahui Programmer Tentang Revolusi Industri 4.0

    Vexanium.com adalah indonesia public blockchain platform yang mendukung terjadinya revolusi industri di Indonesia. Vexanium menggunakan bahasa pemrograman C++ , yang merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer dan banyak dipelajari oleh mahasiswa di Indonesia, selain C++, bahasa pemrograman lain yang juga digunanakan adalah Phyton dan WebAssembly.   Dengan teknologi blockchain, uang menjadi “programmable”   Revolusi […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *